You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Transjakarta Tegaskan Kebijakan Sesuai Prosedur dan Aturan Berlaku
....
photo doc - Beritajakarta.id

Transjakarta Tegaskan Kebijakan Sesuai Prosedur dan Aturan

PT Transjakarta menanggapi aspirasi sopir Mikrotrans yang menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (30/7) kemarin.

"Penentuan harga r upiah per kilometer mengikuti komponen pembentuk harga yang sesuai dengan ketentuan,"

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta, Tjahyadi mengatakan, Transjakarta menerapkan sistem keadilan kepada seluruh operator dalam mengeluarkan kebijakan. Ia menyampaikan, Transjakarta telah memenuhi seluruh prosedur dan aturan yang berlaku.

"Penentuan harga rupiah per kilometer mengikuti komponen pembentuk harga yang sesuai dengan ketentuan," ujarnya, Rabu (31/7).

Sejumlah Rute Tidak Beroperasi, Transjakarta Tambah Armada Layani Pelanggan Mikrotrans

Tjahyadi menjelaskan, pembiayaan penyelenggaraan sistem transportasi publik di Jakarta yang dilaksanakan Transjakarta bersumber dari Dana PSO (Public Service Obligation) yang dialokasikan dalam bentuk layanan transportasi yang nyaman dan aksesibel.

“Jadi, subsidi bukan untuk Transjakarta ataupun operator, tetapi untuk melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitasnya,” katanya.

Ia mengatakan, pembukaan rute baru maupun penambahan layanan terhadap mobilitas armada dilakukan melalui kajian yang sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Menurutnya, apabila di luar kebutuhan akan menjadi pemborosan anggaran.

Tjahyadi juga menyampaikan, langkah ini bagian dari penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG), kelengkapan, validitas data hingga administrasi menjadi keharusan sebagai pertanggungjawaban penggunaan dana subsidi.

“Oleh karenanya setiap penyimpangan ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Ia menambahkan, Transjakarta juga menerapkan merit system kepada Operator meliputi aspek quality, cost, delivery. Kompetisi antaroperator didorong agar bisa memberikan layanan yang berkualitas, harga yang bersaing dan penyediaan armada tepat waktu.

“Masing-masing operator harus siap bersaing secara mandiri, termasuk dalam menawarkan harga," tandasnya.

Sebagai tambahan, Transjakarta melayani 280 juta pelanggan di 2023, naik 49 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menjadi gambaran maupun tolak ukur pelayanan yang telah berhasil direalisasikan Transjakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1209 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1085 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1030 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye779 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye765 personBudhi Firmansyah Surapati