You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
135 Kucing di Pulau Panggang Divaksin Rabies dan Disterilisasi
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

135 Kucing di Pulau Panggang Divaksin Rabies dan Disterilisasi

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu berhasil melakukan vaksinasi rabies dan sterilisasi 135 kucing di halaman kantor Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Sterilisasi dan vaksinasi rabies gratis 

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mengendalikan populasi kucing dan mencegah peningkatan kasus rabies di DKI Jakarta.

"Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta," ujarnya, Senin (12/8).

19 HPR di Sukabumi Utara Divaksin Rabies

Ia merinci, dari total 135 ekor kucing tersebut ada 65 ekor jantan dan 70 ekor betina. Hewan yang disterilisasi dan divaksin rabies ini berkondisi sehat, tidak hamil dan menyusui, minimal berusia delapan bulan, serta memiliki berat minimal dua kilogram.

"Sterilisasi dan vaksinasi rabies gratis ini merupakan kegiatan rutin. Kami akan terus memasifkan kegiatan ini di setiap pulau pemukiman," terangnya.

Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin mengapresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi rabies dan sterilisasi sebagai upaya pengendalian hewan liar, khususnya di lingkungan Pulau Panggang.  

"Tentunya kegiatan ini perlu terus digencarkan agar tidak ada masyarakat dan hewan yang terkena penyakit rabies. Sterilisasi juga penting, terutama pada hewan tanpa pemilik," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Pulau Panggang, Wahid (51) mengaku membawa dua ekor kucing yang merupakan hewan kesayangan anaknya.

"Ini kegiatan yang luar biasa, bahkan tiap tahunnya sering diadakan. Selain sterilisasi juga ada pemberian vaksin rabies. Sangat membantu, selain gratis, lokasinya dekat dari rumah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1713 personNurito
  2. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1273 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1258 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1063 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1059 personBudhi Firmansyah Surapati