You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin KPKP Gelar Pelatihan Diversifikasi
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Pertanian Diadakan di Pulau Kelapa

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu mengadakan pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian di Gedung Sekaya Maritim, Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

B ahan baku Pisang Kepok Belanda

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati mengatakan, kegiatan ini diikuti 40 peserta terdiri dari binaan Jakpreneur, Kelompok Wanita Tani (KWT), dan kader PKK di Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

"Pelatihan kali ini menggunakan bahan baku Pisang Kepok Belanda yang merupakan tanaman endemik di Kepulauan Seribu," ujarnya, Kamis (22/8).

Sudin KPKP Jakpus Gelar Pelatihan Diservikasi Olahan Pertanian di Gambir

Nurliati menjelaskan, pelatihan ini bertujuan mengedukasi para peserta agar memahami kandungan gizi makanan, sekaligus membantu pendapatan ekonomi keluarga, serta menumbuhkan wirausaha baru bagi masyarakat.  

"Peserta mendapatkan materi dari chef berkompeten yang ahli di bidangnya," terangnya.

Menurutnya, sebanyak 40 peserta tersebut diberikan pelatihan mengolah Keripik Pisang dengan beraneka varian rasa, Pisang Goreng Frozen, Nugget Pisang, Bolu Kukus Pisang, dan Steamed Banana Cheese.

"Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan mampu mengolah hasil pertanian menjadi makanan yang bergizi, lezat, dan kekinian. Sehingga, dapat juga membantu mengatasi permasalahan stunting," ungkapnya.

Kasie Ketahanan Pangan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Parsan menambahkan, pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian ini merupakan program rutin tahunan.

"Pelatihan ini diadakan mulai 20-22 Agustus 2024. Usai pelatihan para peserta mendapatkan bantuan peralatan memasak gratis berupa kompor gas, tabung gas, mixer, blender, dan lainnya," bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, warga Kelurahan Pulau Kelapa, Latifah (48) menyampaikan terima kasih dan merasa senang bisa mengikuti pelatihan olahan hasil pertanian.

"Sangat membantu, chef-nya juga sangat detail dan resep yang diajarkan sangat kekinian. Bantuan peralatan memasak ini akan saya gunakan untuk melanjutkan usaha saya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3754 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1454 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1307 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1227 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1006 personAldi Geri Lumban Tobing