You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin LH Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Daur Ulang di Pulau Tidung
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Peserta Didik SKMN 61 Ikuti Lokakarya Pemanfaatan Daur Ulang Sampah

Sebanyak 50 peserta didik SMKN 61 mengikuti lokakarya pemanfaatan daur ulang sampah di RPTRA Tidung Ceria, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang diinisiasi

M eminimalisir sampah 

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu.

Kepala Seksi Teknis Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Suku Dinas LH Kepulauan Seribu, Riza Lestari Ningsih mengatakan, lokakarya ini menjadi bagian dari edukasi pengembangan dan pendampingan bank sampah kepada warga dan pelajar di Pulau Tidung.

37,25 Ton Sampah APK di Jakbar Didaur Ulang

"Kegiatan ini digelar untuk meminimalisir sampah atau limbah dengan cara mendaur ulang dan mengembangkan kreativitas kepada para pelajar," ujarnya, Jumat (23/8).

Riza menjelaskan, kegiatan ini terealisasi melalui kerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta dengan tujuan sampah daur ulang dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai tinggi.

Peserta lokakarya tidak hanya dibekali materi, tetapi juga praktik langsung cara mendaur ulang sampah, berupa kaleng bekas dan egg tray (wadah telur).

"Kita berharap barang bekas seperti kaleng yang ada bank sampah bisa kita daur ulang menjadi produk bernilai ekonomi," ungkapnya.

Menurutnya, para peserta didik ini merupakan generasi penerus, maka pembekalan materi seperti itu sangat penting agar mereka lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan bisa mendapatkan penghasilan.

"Tentunya kegiatan ini akan akan terus berkelanjutan. Semoga mereka bisa menyebarluaskan dan mengimplementasikannya di lingkungan mereka," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar SMKN 61 Jakarta, Naira Ashalina (17) menuturkan, setelah mengikuti lokakarya ini wawasan dan ilmu tentang pengelolaan limbah dan sampah bertambah.

Ia menambahkan, sampah sudah menjadi masalah krusial di negeri ini, maka sebagai generasi muda dirinya akan ikut mengampanyekan pemanfaatan daur ulang sampah.

"Sangat senang sekali mengikuti kegiatan seperti ini, banyak manfaat yang kami dapatkan. Bahkan, kami diajak berkreasi untuk menghias hasil daur ulang dari kaleng dan wadah telur ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3783 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1479 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1328 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1255 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1022 personAldi Geri Lumban Tobing