You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Anak, Lomba, Hanjaba, 2024
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Hanjaba 2024 Gelar Berbagai Lomba, 140 Anak Ikut Serta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Hari Anak Jakarta Membaca atau Hanjaba di Lantai 4 Gedung Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat pada 28 dan 29 Agustus 2028.

" Kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif,"

Tahun ini, Hanjaba dikemas dalam bentuk perlombaan yang diikuti sebanyak 140 anak jenjang pendidikan SD sampai SMA.

Hanjaba 2024 melibatkan sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta dan dilakukan secara bertahap mulai tingkat kota administrasi kemudian dilanjutkan ke tingkat provinsi.

Ini Pemenang Lomba Hanjaba Jakarta Utara

Rinciannya, jumlah peserta Lomba Hanjaba tingkat provinsi sebanyak 110 orang peserta yang merupakan perwakilan Juara I, II dan III Lomba Hanjaba tingkat kota administrasi dan kabupaten Kepulauan Seribu serta 30 orang peserta Lomba Mengeja Kata Bahasa Indonesia.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, Hanjaba merupakan salah satu kegiatan literasi yang diprakarsai oleh Dispusip sejak tahun 2019 sebagai upaya meningkatkan minat baca dan kreativitas anak.

Dalam pelaksanaan Hanjaba, orang tua dan sekolah dilibatkan secara aktif untuk ikut memberikan dukungannya dalam mengasah serta meningkatkan kemampuan literasi dasar anak-anak.

Firmansyah menyampaikan, dalam proses pembudayaan gemar membaca pada masyarakat khususnya di Jakarta, adanya Hanjaba menjadi pengingat akan pentingnya literasi antara orang tua dan guru yang menjadi gerbang pertama dalam perkembangan literasi anak- anak.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam pengembangan potensi dan minat anak-anak terhadap literasi yang dimulai dari lingkungan terkecilnya,” ujar Firmansyah saat membuka Hanjaba Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024, Rabu (28/8).

Ia menjelaskan, mengusung tema ‘Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta’, afirmasi status kota global yang hendak disematkan kepada Jakarta menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah literasi.

Firmansyah menilai, kualitas sumber daya manusia yang baik merupakan penyeimbang yang mendukung Jakarta untuk bertransformasi dan beradaptasi dengan norma dan budaya global yang semakin maju juga terintegrasi.

“Literasi memegang peranan krusial dalam persiapan sumber daya manusia, dimulai dari usia dini, yaitu anak-anak,” ucapnya.

Firmansyah mengatakan, berangkat dari lingkungan paling dasar yaitu keluarga dan sekolah, anak-anak mulai dikenalkan dengan literasi. Menurutnya, budaya baca terlahir dari keluarga, kemudian diasah dan dikembangkan di sekolah, proses pengenalan ini yang kemudian menjadi pupuk yang ditanamkan pada mereka.

“Maka itu, mengiringi banyaknya tantangan dan peluang dalam perjalanan menuju transformasi Jakarta sebagai kota global, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta menyelenggarakan Hanjaba,” katanya.

Ia menambahkan, Hanjaba diharapkan dapat turut serta dalam upaya membangun sumber daya yang kreatif, kompetitif, memiliki kesadaran berliterasi sedini mungkin, serta menciptakan partisipasi aktif masyarakat Jakarta untuk terus menggali potensinya menuju kota global.

“Melanjutkan slogan ‘Dari Baca Jadi Karya Untuk Jakarta’ besar harapan rangkaian perlombaan yang diselenggarakan dapat menjadi media yang mendukung lahirnya kreativitas dan kecintaan literasi pada anak-anak,” tandasnya.

Berikut berbagai kategori lomba pada Hanjaba Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024:

• Lomba Menulis untuk siswa Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)

• Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1-3

• Lomba Bertutur untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4-6

• Lomba Membaca Puisi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 4-6

• Lomba Membuat Komik Strip untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

• Lomba Pidato Bahasa Indonesia untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pada tahun 2024, terdapat satu lomba baru yaitu Lomba Mengeja Kata Bahasa Indonesia untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1-3 yang hanya diselenggarakan di tingkat provinsi. Perlombaan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tingkat kota administrasi, kemudian dua hari pada tingkat provinsi.

Selain itu, khusus untuk Lomba Bertutur, pemenang Juara 1 Tingkat Provinsi akan mewakili DKI Jakarta pada Lomba Bertutur Tingkat Nasional yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional pada September 2024 ini.

Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Majalah CIA dan Penerbit Mizan Media Utama telah menyediakan hadiah menarik bagi para pemenang lomba berupa uang pembinaan, goodie bag dan sertifikat untuk para pemenang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1735 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1635 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1049 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye944 personFolmer
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye820 personAldi Geri Lumban Tobing