You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 TP PKK Jakpus Tanam Bawang Merah Serentak di 69 Lokasi
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

TP PKK Jakpus Tanam Bawang Merah Serentak di 69 Lokasi

Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Pusat, Kamis (12/9), melaksanakan penanaman Bawang Merah serentak pada 69 lokasi di delapan kecamatan.Secara simbolis, kegiatan yang digelar secara daring ini dipusatkan di Rooftop Lantai 2 Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

"Mudah-mudahan yang kita tanam hari ini, tiga bulan ke depan dapat dipanen bersama,"

Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah menjelaskan, kegiatan penanaman dilakukan kader PKK, Dasawisma, pengurus RT/RW dan pengelola RPTRA dengan memanfaatkan lahan RTPTA, RTH dan berbagai lahan di kelurahan yang bisa dimanfaatkan.

"Mudah-mudahan yang kita tanam hari ini, tiga bulan ke depan dapat dipanen bersama," harapnya.  

Penanaman Bawang Merah Serentak Dilakukan di Jaksel

Ketua Pokja III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP-PKK Provinsi DKI Jakarta, Khomariah Maruloh, sangat mengapresiasi kegiatan tanam Bawang yang dilakukan serentak oleh TP-PKK Jakarta Pusat. Dia menilai, kegiatan ini sangat baik untuk menekan tingkat inflasi di Jakarta, terutama terkait harga Cabai dan Bawang.

"Di saat tertentu, harga sangat cepat melonjak tinggi. Seperti menyambut INatal dan Tahun Baru, biasanya harga Bawang mulai meningkat," tambahnya.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma menyebutkan, Bawang Merah bisa menjadi pilihan yang layak dicoba dalam rangka kontribusi Jakarta Pusat untuk menekan angka inflasi, sekaligus mempersiapkan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Harapan kita, tiga bulan ke depan menjelang Natal dan Tahun Baru bisa panen. Tidak hanya dikonsumsi, namun untuk skala besar dapat berkontribusi menekan inflasi," tuturnya.

Dhany juga mengajak warga manfaatkan lahan pekarangan mereka untuk menanam berbagai tanaman produktif. Menurutnya, pertanian perkotaan saat ini memungkinkan lahan terbatas untuk ditanam berbagi pohon produktif seperti Cabai, Kangkung, Bawang, Jeruk Limo, Jeruk Nipis dan Terung.

Sementara Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menjelaskan, pihaknya bersama tim PKK total menanam lebih dari 10 kilogram siung Bawang Merah dengan memanfaatkan wadah galon air minum bekas,

"Jadi kita mendaur ulang agar bisa memakai wadah yang bisa digunakan kembali. Kalau di rooftop tadi 20 galon di setiap galonnya ada tiga siung Bawang Merah. bawangnya langsung dari Brebes," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3762 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1462 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1314 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1240 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1011 personAldi Geri Lumban Tobing