You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Ini Pemenang Lomba Menanam Jagung Pulut di Jakarta Utara
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Ini Pemenang Lomba Menanam Jagung Pulut di Jakarta Utara

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengumumkan dan menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Menanam Jagung Pulut se-Jakarta Utara. Sebelum pengumuman, dilakukan panen serentak di lahan urban farming, Jalan Kompi Udin, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading.

M enciptakan lumbung pangan 

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim merinci, untuk Juara 1 dimenangkan Kelurahan Pegangsaan Dua, Juara 2 Kelurahan Warakas, dan Juara 3 diraih Kelurahan Kapuk Muara.

Sementara, untuk kategori Kudapan atau Pengolahan Jagung Pulut Kecamatan Pademangan berhak atas Juara 1, Juara 2 Kecamatan Koja, dan Juara 3 Kecamatan Kelapa Gading.

Sudin KPKP Jakut akan Adakan Lomba Tanam Jagung Pulut

"Masing-masing pemenang akan mendapat uang pembinaan serta hadiah penunjang berupa perlengkapan berkebun dan alat steamer," ujarnya, Jumat (27/9).

Ali menyampaikan apresiasi dan selamat kepada pemenang maupun peserta yang sudah bekerja mulai Juli hingga September untuk menanam dan merawat tanaman tanaman Jagung Pulut atau Jagung Ketan Jantan F1 tersebut.

"Hari ini panen yang luar biasa kita bisa melakukan panen jagung pulut secara serentak. Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi untuk menciptakan lumbung pangan di Jakarta Utara," terangnya.

Menurutnya, lomba menanam jagung pulut ini diinisiasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pokja 3 Jakarta Utara yang bersinergi dengan Suku Dinas KPKP Jakarta Utara dan PT East West Seed Indonesia (Panah Merah).

"Diharapkan kegiatan menanam ini dapat terus berlanjut dan menghasilkan panen yang berkualitas. Tanaman ini banyak manfaatnya bagi kesehatan bagi yang mengkonsumsi," ungkapnya.

Ketua Pokja III TP PKK DKI Jakarta, Puji Astuti menambahkan, lomba ini merupakan salah satu upaya menjaga ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta. Sebab, jagung juga dapat menjadi konsumsi pengganti beras..

"Saya berharap ini dapat dipertahankan dan kepada seluruh kader PKK untuk mengajak warga lainnya dalam kegiatan serupa. Hasil panen ini berdampak besar bagi kebutuhan pangan masyarakat Jakarta," bebernya.

Sementara itu, Corporate Relations and Communication Manager PT East West Seed Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkot Jakarta Utara dan TP PKK.

"Melalui kerja sama ini dapat menciptakan urban farming baru dan kreativitas dari masing-masing wilayah," ucapnya.

Ia memaparkan, peserta tidak hanya menyuguhkan hasil panen, tetapi diajak berkreasi pada olahan seperti, es pulut pamer, muffin pulut, jelly, kue bugis jagung pulut, dan lain sebagainya.

"Saya sangat bahagia dan bangga atas kerja sama ini. Tidak hanya menjaga ketahanan pangan, tetapi kegiatan ini dapat menumbuhkan kreativitas dan semangat, semoga dapat berkelanjutan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3760 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1461 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1311 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1235 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1010 personAldi Geri Lumban Tobing