You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Planetarium Jakarta Ajak Pengunjung JID Expo Melihat Keindahan Astronomi
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Planetarium Jakarta Ajak Pengunjung JID Expo Melihat Keindahan Astronomi

Planetarium Jakarta ikut meramaikan Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024 yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, mulai 1 hingga 4 Oktober 2024. Dalam ajang ini, Planetarium Jakarta memperkenalkan sejumlah inovasi dan program edukasi astronomi yang menarik perhatian para pengunjung.

"sesungguhnya langit itu sangat indah dan banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari,"

Astronom Observatorium Planetarium Jakarta, Muhammad Rayhan mengatakan, salah satu inovasi utama yang dibawa dalam JID 2024 adalah Planetarium Mobile, sebuah konsep yang memungkinkan Planetarium hadir di berbagai lokasi tanpa harus terbatas pada gedung besar seperti yang selama ini dikenal.

Ia menyampaikan, alat ini juga digunakan dalam program Planetarium Goes to School, di mana tim Planetarium Jakarta berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi langsung tentang astronomi.

Satpol PP Perkenalkan Beragam Inovasi di Jakarta Innovation Days 2024

"Inovasi yang kami kedepankan adalah bahwa Planetarium bisa dalam bentuk portable atau mobile, yang memungkinkan kita mendatangi tempat-tempat strategis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Rayhan, Kamis (3/10).

Ia menjelaskan, pengunjung bisa menikmati tiga kegiatan utama di booth Planetarium Jakarta. Pertama, yakni pertunjukan teater bintang di Planetarium Mobile, yang memberikan pengalaman edukatif tentang dinamika langit, pergerakan bintang, matahari, dan bulan. Dalam Planetarium Mobile, pengunjung diajak untuk memahami lebih dalam tentang langit malam, rasi bintang, dan pergerakan benda-benda langit.

Kemudian peneropongan matahari menggunakan teleskop yang diadakan di luar gedung pameran, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat langsung permukaan matahari.

Lalu, ada pameran astrofotografi yang menampilkan foto-foto benda langit dan fenomena astronomi hasil karya tim Planetarium Jakarta dari berbagai lokasi dan peristiwa astronomi.

“Edukasi yang diberikan juga mencakup cara mengamati langit secara langsung dan mengenali benda langit berdasarkan waktu dan lokasi tertentu. Ini adalah edukasi bagi pengunjung bahwa astronomi itu sangat indah, estetik, dan sangat menarik untuk dipelajari," kata Rayhan.

Antusiasme masyarakat terhadap Planetarium Mobile di JID Expo 2024 sangat tinggi. Setiap harinya, Planetarium Jakarta mengadakan empat hingga lima pertunjukan, mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Bahkan, sebelum acara resmi dimulai, sudah ada beberapa guru yang datang mendaftarkan murid-muridnya untuk ikut serta dalam pertunjukan tersebut.

“Pesertanya umum, karena Planetarium mini ini selalu diincar oleh banyak pengunjung setiap kali ada kegiatan seperti ini, dan tiketnya cepat habis," ucap Rayhan.

Ia menambahkan, melalui partisipasi dalam JID Expo 2024, Planetarium Jakarta berharap dapat terus menginspirasi dan memberikan edukasi astronomi kepada masyarakat luas, sekaligus memperkenalkan inovasi terbaru mereka yang membuat pengalaman belajar astronomi semakin mudah diakses oleh semua kalangan.

“Kami ingin masyarakat, khususnya warga Jakarta, tahu bahwa meskipun langit kota ini sudah tidak ideal untuk pengamatan bintang karena polusi cahaya dan udara, sesungguhnya langit itu sangat indah dan banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari," tandas Rayhan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2379 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1131 personTP Moan Simanjuntak
  3. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1101 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1045 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. 16 Unit Armada Damkar Padamkan Kebakaran di Mal Citraland

    access_time04-10-2024 remove_red_eye985 personTP Moan Simanjuntak