You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dispusip Gelar Malam Puncak Piala HB Jassin
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Dispusip Gelar Malam Puncak Piala HB Jassin

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) bersama Dinas Kebudayan DKI Jakarta, menggelar malam puncak Piala HB Jassin 2024 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/10) malam tadi.

"Peningkatan jumlah peserta mencapai 500 persen lebih dari tahun sebelumnya," 

Selain mengumumkan dan menyerahkan piala bagi pemenang lomba penulisan cerita pendek (Cerpen), musikalisasi puisi serta pembacaan puisi memperebutkan Piala HB Jassin, juga dilakukan penyerahan apresiasi bagi sastrawan senior Sutardji Calzoum Bachri.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, antusiasme peserta pada pelaksanan lomba tahun ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Kegiatan melombakan tiga kategori yakni, pembacaan puisi tingkat nasional, musikalisasi puisi tingkat SMA se-DKI Jakarta dan menulis Cerpen.

Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

"Peningkatan jumlah peserta mencapai 500 persen lebih dari tahun sebelumnya dan ini membanggakan serta membangun optimisme saya bahwa sastra tidak akan mati," ujarnya, Jumat (4/10).

Dijelaskan Firmansyah, jumlah pada kegiatan lomba pembacaan puisi tahun 2014 ini mencapai 813 orang. Lalu, lomba musikalisasi puisi diikuti sebanyak 80 grup dari berbagai SMA di DKI Jakarta dan lomba menulis cerpen diikuti sebanyak 1.819 peserta.

Dilanjutkan Firman, proses lomba dimulai dengan tahap pendaftaran dan kurasi karya mulai Juli hingga awal September 2024 lalu. Kemudian setelah dilakukan seleksi ditetapkan finalis dan melakukan proses penjurian, Kamis (3/10) .

Dari hasil gelaran tahun ini, Firman mengaku optimistis pelaksanaan tahun mendatang bakal diikuti lebih banyak peserta. Ditargetkannya, pada tahun mendatang kegiatan diikuti lebih dari 2.000 peserta.

Tidak hanya sebagai  ajang lomba, Firman berharap kegiatan ini membangun khasanah sastra agar terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sehingga budaya dan sastra yang diperjuangkan oleh HB Jasin nantinya bisa dilanjutkan oleh generasi muda saat ini.

Karena itu, Firman meminta dukungan semua pihak agar terus bisa mengelorakan sastra agar senantiasa berkembang dan dicintai generasi muda. Ia optimistis bila seluruh tahapan dan mendapat dukungan semua pihak, sastra akan mampu mewarnai generasi muda mencapai Indonesia emas tahun 2045 mendatang.

"HB Jasin berhasil mengumpulkan lebih dari 120 ribu dokumen sastra dan menjadikannya sebagai tokoh yang luar biasa. Saya yakin Indonesia emas 2045, ada andil sastra menumbuhkan generasi emas," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Fitur Lampid di Aplikasi Carik Jakarta Diluncurkan

    access_time14-10-2024 remove_red_eye1729 personTiyo Surya Sakti
  2. Berikut Pengaturan Lalin saat Jakarta Running Fest 5K dan 10K Besok

    access_time11-10-2024 remove_red_eye1630 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1032 personNurito
  4. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Berawan Tebal

    access_time12-10-2024 remove_red_eye935 personFolmer
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye807 personAldi Geri Lumban Tobing