You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj Ketua TP PKK Jakarta Luncurkan Percontohan Posyandu
....
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Pj Ketua TP PKK Jakarta Luncurkan Percontohan Posyandu, Pertama di Indonesia

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK sekaligus Ketua Pembina Posyandu Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti menghadiri Peluncuran Percontohan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang pertama di Indonesia dengan enam bidang standar pelayanan minimal (SPM), di Posyandu RW 06, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (10/10).

"U ntuk meningkatkan kesejahteraan pertahanan dan kesehatan masyarakat,"

Mirdiyanti menjelaskan, program tersebut merupakan upaya dalam pembentukan Posyandu sebagai wadah partisipasi masyarakat sekaligus mitra pemerintah kelurahan dalam perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan kelurahan.

"Implementasi enam bidang SPM ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan pertahanan dan kesehatan masyarakat. Enam bidang SPM tersebut, meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, dan sosial," jelasnya, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

TP PKK Jakpus Gelar Diskusi Komunikasi Efektif dalam Organisasi

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara luring berlokasi di Posyandu RW 06, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Kota Administrasi Jakarta Timur dan secara daring pada lima lokasi Posyandu di wilayah administrasi lainnya. Kegiatan ini juga diikuti oleh sekitar 750 peserta dari berbagai unsur.

"Posyandu kini telah berkembang dengan pendekatan enam bidang SPM di seluruh kelurahan. Adanya dukungan aplikasi JAKI dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan mengoptimalkan layanan Posyandu sekaligus memudahkan masyarakat untuk mengajukan keluhan dan mengakses berbagai layanan enam bidang SPM ini," imbuh Mirdiyanti.

Ia juga menuturkan, sinergi program dan konvergensi lintas sektor diharapkan terus diperkuat agar implementasi layanan enam bidang SPM dapat berjalan tepat sasaran serta menjadi model bagi posyandu di wilayah lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pembina Posyandu Tri Tito Karnavian menuturkan, posyandu menjadi awal untuk pembangunan atau program pemerintah yang bisa sampai langsung kepada masyarakat. Pemilihan Jakarta sebagai lokasi awal lantaran masyarakat luas bisa mengakses informasi terkait Jakarta dengan mudah.

"Oleh sebab itu, kami mencoba untuk menjadikan Jakarta sebagai pilot project nasional, karena masyarakat daerah akan lebih mudah untuk untuk mengetahui project ini," tuturnya.

Ia juga mengapresiasi keberhasilan para kader PKK yang terus memberikan manfaat di tengah masyarakat dan berperan besar dalam mendukung program pembangunan pemerintah. Harapannya, para kader PKK dapat mendorong implementasi program baru di Posyandu ini agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh warga.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3741 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1442 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1301 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1218 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye998 personAldi Geri Lumban Tobing