You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bersama KPU dan Bawaslu, Beritajakarta Sosialisasikan Pilkada di SMAN 39
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Beritajakarta, KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Pilkada di SMAN 39

Beritajakarta, website resmi Pemprov DKI, mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada kepada pelajar SMAN 39, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (16/10). Kegiatan yang dikemas dalam acara 'Ngobrol Bareng' ini bersinergi dengan KPU dan Bawaslu DKI.

"Pemilih pemula perlu diberitahu teknik cara memilih yang betul agar suara mereka sah,"

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi DKI Jakarta Nelvia Agustina dan Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Munandar Nugraha. Kemudian Pemimpin Redaksi Beritajakarta Bima Agung dan Kepala SMAN 39 Jakarta Wahyu Murniningsih, dengan moderator Robi Cahyadi dari divisi Kemitraan dan Promosi Beritajakarta.

Kegiatan diwarnai dengan pemberian piagam penghargaan pada SMAN 39 oleh Pemimpin Redaksi Beritajakarta, Bima Agung. Selain itu juga ada games dan pemberian merchandise kepada siswa dan siswi yang berhasil menjawab pertanyaan dari tim Beritajakarta.

Beritajakarta Berpartisipasi dalam Edukasi Transportasi Publik Sudinhub Jaksel di SMAN 29

Pemimpin Redaksi Beritajakarta, Bima Agung  mengatakan, sosialisasi seperti ini sangat penitng bagi para pelajar sekolaj tingkat atas yang mayoritas merupakan pemilih pemula.

Sebagai media resmi Pemprov DKI, ucap Bima, pihaknya ikut berpartisipasi agar pemilih pemula bisa mendapatkan pengetahuan tentang proses pemungutan suara dari Bawaslu maupun KPU DKI..

"Kami menargetkan ada 14 sekolah untuk sosialisasi tentang Pilkada DKI. Ini merupakan hari pertama di SMA Negeri 39," ujar Bima.

Ia berharap, melalui sosialisiasi ini pemilih pemula bisa menyalurkan hak politiknya saat pencoblosan nanti.

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI, Nelfia Agustina menambakan, pihaknya mengajak pemilih pemula menggunakan hak suaranya pada 27 November nanti dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab.

Menurutnya, sosalisasi ke sekolah seperti ini sangat penting karena jumlah pemilih pemula di Jakarta jumlahnya cukup besar, sekitar 800.000 dari total 8,2 juta jiwa.

"Pemilih pemula perlu diberitahu teknik cara memilih yang betul agar suara mereka sah," katanya.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Munandar Nugraha,  mengajak pihak sekolah agar memberikan tugas pada siswa-siswi yang punya hak pilih untuk menonton debat kandidat yang ditayangkan KPU. Jika perlu, ini menjadi tugas sekolah agar mereka lebih konsen menontonnya dan menjadi catatan selanjutnya.

"Ini perlu agar  bisa menjadi bahan mereka untuk memilih secara benar," tukasnya.

Dia menegaskan bahwa  pihaknya hadir untuk menciptakan Pilkada yang jujur dan adil, tanpa kecurangan.

"Jika masyarakat menemukan pelanggaran, bisa lapor ke nomor WA center 0812 123 123 36," jelasnya.

Kepala SMA Negeri 39 Wahyu Murni Ningsih, meyampaikan apresiasi pada jajaran Beritajakarta, KPU dan Bawaslu DKI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Karena, menurutnya, dapat menambah wawasan bagi anak didiknya tentang demokrasi.  

Murni mengungkapkan, dari 150 anak didiknya yang ikut kegiatan ini, sekitar 60 persennya merupakan calon pemilih pemula di Pilkada DKI Jakarta.

"Diharapkan, siswa-siswi kami dapat memahami pentingnya memilih dalam Pilkada nanti," tukasnya.

Sementara, salah seorang siswi SMAN 39, Claudya Belina Adriani mengaku, mendapat banyak pengetahuan tentang proses Pilkda dari sosialisasi ini, terutama soal tata cara pencoblosan kertas suara.

"Meski belum dapat mencoblos tahun ini, karena belum 17 tahun. Namun, dari ssosialisasi ini saya jadi tahu pentingnya suara kiat dalam Pilkda,"tandas Claudya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3741 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1442 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1301 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1218 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye999 personAldi Geri Lumban Tobing