You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
disdik jaktim lasro marbun soal UN SMA SMK
Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMK, dan MA yang akan digelar pada Senin (14/4) mendatang. Saat ini soal sedang didistribusikan ke lima wilayah kota untuk kemudian disebar hingga ketingkat r.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Disdik Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UN

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA yang akan digelar pada Senin (14/4) mendatang. Saat ini soal sedang didistribusikan ke lima wilayah kota dan satu kabupaten untuk kemudian disebar hingga ke tingkat rayon, pada Minggu (13/4) besok. Dijamin juga tidak akan ada kebocoran soal, sehingga siswa diminta untuk tidak mudah percaya.

Jaminan iya, tapi jaminan itu juga dari Allah untuk memastikan seperti itu, saya lakukan perbaikan sana sini

Kepala Dinas Pendidikan DKI,  Lasro Marbun, menjamin tidak akan ada bocoran soal yang tersebar. Sebab distribusi soal dikawal ketat, baik oleh Dinas Pendidikan maupun aparat kepolisian. Kendati demikian, siswa juga diminta untuk tidak mudah percaya terhadap oknum-oknum yang menyebarkan bocoran soal tersebut.

"Jaminan iya, tapi jaminan itu juga dari Allah untuk memastikan seperti itu, saya lakukan perbaikan sana sini. Ini juga harus diimbangi kesiapan siswa dan orang tua, mereka harus sepakat tidak ada kebocoran soal. Harus membuang pikiran dan hati bocoran jawaban itu kan bisa menyesatkan. Iya kalau benar, kalau tidak," kata Lasro, Sabtu (12/4).

Sudin Dikmen Jaktim Target Siswa Lulus 100 Persen

Di sisi lain, Lasro memastikan akan mengawal ketat pelaksanaan UN di Jakarta. Semua petugas telah dikumpulkan untuk menghindari adanya oknum yang akan menyebarkan bocoran soal. "Kita monitoring evaluasi pelaksanaan UN. Saya panggil seluruh petugas rayon, dari eselon III Dinas Pendidikan, bahwa ini adalah tugas mulia jangan direcoki oleh hal-hal yang tidak terhormat," tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada peserta didik untuk lebih mengutamakan prestasi. Karena UN ini adalah salah satu cara untuk mengetahui hasil belajar yang dilakukan peserta didik di bangku sekolah. "Saya mengajak ujian ini sesuatu yang normal bukan istimewa. Ini juga menyangkut persiapan moral kita. Nanti akan dipajang, prestasi secara tidak terhormat no, artinya prestasi boleh nomor satu tapi harus dengan terhormat," ujarnya.

Seperti diketahui, sebanyak 119.879 siswa setingkat SMK/SMA/MA siap melaksanakan UN, pada 14-16 April mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari siswa SMK Negeri sebanyak 13.558 siswa dan SMK Swasta sebanyak 51.551 siswa. Sementara untuk SMA Negeri sebanyak 28.959 siswa dan SMA Swasta sebanyak 25.811 siswa.

Percetakan soal UN dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Surabaya, dan dikirim ke Jakarta pada tanggal 12 April. Setibanya di Jakarta soal langsung didistribusikan ke lima wilayah kota dan satu kabupaten. Masing-masing wilayah soal disimpan di sekolah di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, soal disimpan di SMA Negeri 13, Rawa Badak, Jakarta Utara. Di Jakarta Barat, soal ujian disimpan di SMA Negeri 78 Kemanggisan.

Sementara di Jakarta Selatan, soal disimpan di SMA Negeri 70, Bulungan. Di Jakarta Pusat, soal ujian disimpan di SMA Negeri 68 Salemba dan di Jakarta Timur, soal disimpan di SMK Negeri 26 Pulogadung. Selanjutnya pada H-1 soal akan didistribusikan ke 27 rayon yang ada di Jakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1201 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito