You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Iring-Iringan Delman Hias Meriahkan Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Iring-iringan Delman Hias Meriahkan Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo-Gibran

Ada pemandangan menarik saat digelarnya pesta rakyat dalam rangka pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Repubik Indonesia (RI) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Lebih dari 50 delman tampak  berkonvoi hingga menambah semarak berlangsung pesta rakyat tersebut.

"Kita harus sambut dengan semangat nasionalisme dan kebangsaan,"

Iring-iringan ini menarik perhatian ribuan warga yang memadati kawasan tersebut, menciptakan suasana meriah di tengah pusat kota. Barisan delman yang dihiasi ornamen tradisional menjadi simbol kebudayaan Indonesia, yang diusung sebagai tema utama dalam acara ini.

Koordinator Lapangan, Muhammad Armed Ngabalin mengatakan, pentingnya menyambut pelantikan ini dengan semangat nasionalisme dan kebudayaan.

Ribuan Warga Antusias Saksikan Pelantikan Prabowo-Gibran di Bundaran HI

“Kita harus sambut dengan semangat nasionalisme dan kebangsaan, karena identitas bangsa Indonesia adalah identitas berkebudayaan. Oleh karena itu, dalam kesempatan pelantikan presiden terpilih ini, kami dari berbagai komunitas kebudayaan lintas daerah turut meramaikan acara ini,” ujar Armed, ditemui di sekitaran Bundaran HI.

Ia menyampaikan bahwa Jakarta, sebagai kota yang egaliter dan epicentrum budaya, memiliki peran penting dalam mempersatukan berbagai etnis dan budaya di Indonesia.

Momentum ini harus diisi dengan pesan dan aktivitas kebudayaan yang menunjukkan keragaman kita sebagai bangsa,” katanya.

Sementara itu Wakil Koordinator, Chandra menjelaskan, iring-iringan delman hias tersebut merupakan bagian dari upaya tim untuk menampilkan kekayaan budaya Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

“Ada lebih dari 50 delman yang dihias, dan selain itu kami juga menyuguhkan pertunjukan tari-tarian berbagai daerah untuk masyarakat yang hadir. Ini adalah cara kami untuk mengangkat nilai-nilai Nusantara dan memperkenalkan kearifan lokal,” katanya.

Ia menambahkan, rute iring-iringan delman direncanakan mengarah hingga Istana Negara, menggambarkan semangat kebudayaan yang menyatu dalam acara ini.

“Pesta Rakyat yang penuh dengan nuansa tradisional ini diharapkan dapat menjadi cermin kekayaan budaya Indonesia dan menguatkan rasa kebangsaan dalam momen bersejarah pelantikan Presiden ke-8 RI,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3757 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1457 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1308 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1229 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1007 personAldi Geri Lumban Tobing