You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Antisipasi El Nino, Damkar Petakan Wilayah Rawan Kebakaran
.
photo doc - Beritajakarta.id

Antisipasi El Nino, Wilayah Padat Penduduk Diawasi

Fenomena Badai El Nino yang berdampak pada kekeringan berkepanjangan di sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi memicu musibah kebakaran, termasuk di Jakarta.

Daerah padat penduduk dengan bangunan semi permanen perlu kita awasi, karena berpotensi terdampak gelombang panas Badai El Nino

Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI memetakan wilayah rawan kebakaran serta meningkatkan peran serta dari masyarakat.

"Pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk mengantisipasi ini. Karena terlihat ada salah satu benang merah yang terputus," kata Abdul Chair, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat (Partimas) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI, Kamis (13/8).

Cegah Kebakaran, DKI Intensifkan Kampanye di Sekolah

Chair menjelaskan, maksud dari benang merah yang terputus‎ yakni minimnya sosialisasi tatap muka dari para Kepala Sektor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI yang ada di kecamatan kepada masyarakat.

"Harusnya di tingkat sektor sosialisasi, penyuluhan dan simulasi melalui rapat Rapat RT dan RW, PKK, Posyandu dan sekolah ditingkatkan. Hal itu untuk antisipasi dini masuknya fenomena El Nino di DKI," jelasnya.

‎Ia menyayangkan sikap para  pejabat di Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan yang ada di lima wilayah kota dan satu kabupaten DKI karena dianggap tidak mampu mendorong Kepala Sektor untuk menggencarkan sosialisasi dan pelatihan ke masyarakat.

"Minimnya sosialisasi ke masyarakat di tingkat Kepala Sektor (Kasektor) ini menjadi tanggung jawab Kepala Suku Dinas (Kasudin)," tuturnya.

Terkait ancaman Badai El Nino, kata Chair, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI terus memonitoring wilayah padat penduduk di Jakarta yang bentuk bangunannya semi permanen.

‎"Daerah padat penduduk dengan bangunan semi permanen perlu kita awasi, karena berpotensi terdampak gelombang panas badai El Nino," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1015 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye948 personAldi Geri Lumban Tobing