Gelar AHJ 2024, Dorong Peran Humas Jaga Reputasi Jakarta sebagai Kota Global
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Anugerah Humas Jakarta (AHJ) 2024. Sesuai dengan tema yang diusung, ‘Humas Jakarta Berdaya Saing Global’, kompetisi bagi insan humas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini merupakan upaya mendorong peran humas dalam menjaga citra dan reputasi Jakarta sebagai kota global.
"P rofesionalisme humas dibutuhkan untuk mampu bersaing di lingkup lokal maupun global,"
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi berharap, Anugerah Humas Jakarta dapat menjadi pemantik semangat bagi insan kehumasan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk dan aksi komunikasi terkait kebijakan-kebijakan yang berdampak baik bagi publik. Keterbukaan dan diseminasi informasi berperan penting dalam keberhasilan program pembangunan di Jakarta.
“Di era yang dinamis ini, profesionalisme humas dibutuhkan untuk mampu bersaing di lingkup lokal maupun global. Insan humas harus adaptif dengan perkembangan teknologi dan strategi komunikasi modern yang efektif, seraya tetap menjaga nilai-nilai humanis melalui interaksi langsung dengan masyarakat,” kata Pj Gubernur Teguh, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Kamis (21/11).
Diskominfotik Adakan Pelatihan dan Bimtek Anugerah Humas JakartaPj Gubernur Teguh menilai, kegiatan ini menekankan pentingnya peran humas untuk mendukung Jakarta sebagai kota global, serta memenuhi tuntutan masyarakat akan informasi yang cepat, akurat, dan transparan. Oleh karena itu, penguatan peran insan humas diperlukan dalam menyampaikan informasi yang kredibel, menangkal segala berita hoaks, melindungi citra positif pemerintah, serta memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintah.
“Saya turut bangga atas 156 karya kehumasan yang menunjukkan konsistensi kerja, orisinalitas serta kesesuaian dengan identitas Kota Jakarta. Selamat kepada Perangkat Daerah, Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berhasil meraih penghargaan. Pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen, kreativitas, dan integritas dalam menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.
Ia mengharapkan, acara ini dapat memotivasi seluruh jajaran Perangkat Daerah, UKPD dan BUMD untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai teladan bagi daerah lain dalam mengupayakan pengelolaan kehumasan yang unggul dan profesional.
“Harapannya, semangat berkarya harus terus ditingkatkan dalam menghadirkan komunikasi publik yang efektif dan relevan bagi masyarakat,” pesannya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko memaparkan, tahun ini merupakan kali ketiga penyelenggaraan Anugerah Humas Jakarta. Kompetisi ini bertujuan menumbuhkan semangat kompetisi positif sekaligus memberikan apresiasi atas karya-karya kehumasan dari Perangkat Daerah, UKPD, serta BUMD.
“AHJ 2024 telah memilih 34 karya dan sosok terbaik di bidang kehumasan dari total 156 karya yang dikumpulkan oleh 56 instansi internal. Kami juga melibatkan dewan juri yang profesional di bidang kehumasan,” ujar Sigit.
Adapun para dewan juri AHJ 2024, yaitu Glory Rosary Oyong, Corporate Communication Director Kompas Gramedia; Fardilla Rachmilliza Astari, Communication Strategist, Wakil Sekretaris Umum Perhumas; dan Galuh Shinta Wardhani Leksono, VP of Marketing and Communication PT Indonesia Indicator. Terdapat tiga kategori karya kehumasan yang dilombakan adalah kategori Media Sosial, Kampanye Komunikasi Publik dan Media Audiovisual serta kategori pilihan juri yaitu Inovasi Karya Kehumasan dan Sosok Humas Inspiratif.
"Atas partisipasi Perangkat Daerah, UKPD dan BUMD dalam kompetisi ini, Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan para finalis Lomba Anugerah Humas Jakarta Tahun 2024,” tandas Sigit.
Berikut Pemenang AHJ 2024:
A. Kategori Media Sosial
Perangkat Daerah
Juara 1: Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta
Juara 2: Kota Administrasi Jakarta Selatan
Juara 3: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
Juara 1: RSUD Cengkareng
Juara 2: Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
Juara 3: Unit Pengelola Teknis Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Provinsi DKI Jakarta
BUMD
Juara 1: PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) / Jakarta Experience Board
Juara 2: PT Transportasi Jakarta
Juara 3: PT MRT Jakarta (Perseroda)
B. Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Perangkat Daerah
Juara 1: Kota Administrasi Jakarta Pusat
Juara 2: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta
Juara 3: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
Juara 1: RSUD Pasar Minggu
Juara 2: Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Provinsi DKI Jakarta
Juara 3: Kecamatan Cakung
BUMD
Juara 1: PT MRT Jakarta (Perseroda) l
Juara 2: PT Transportasi Jakarta
Juara 3: PT Pengembangan Jaya Ancol
C. Kategori Media Audiovisual:
Perangkat Daerah
Juara 1: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
Juara 2: Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta
Juara 3: Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
Unit Kerja Perangkat Daerah
Juara 1: RSUD Budhi Asih
Juara 2: Unit Pelaksana Teknis Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD Provinsi DKI Jakarta
Juara 3: Unit Pengelola Metrologi Provinsi DKI Jakarta
BUMD
Juara 1: PT MRT Jakarta
Juara 2: Perumda PAM Jaya
Juara 3: PT Transportasi Jakarta
D. Kategori Inovasi Kehumasan
Juara 1: Kecamatan Cakung
Juara 2: Kota Administrasi Jakarta Barat
Juara 3: Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta
E. Kategori Sosok Humas Inspiratif
Juara 1: Suprapto – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
Juara 2: Farida Eka Putri – RSUD Pasar Minggu
Juara 3: Fadlan Miftahudin – Unit Pengelola Mitrologi Provinsi DKI Jakarta
F. Juara Umum
PT MRT Jakarta (Perseroda).