You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
64 KK Kampung Pulo Sudah Tinggal di Rusunawa
.
photo doc - Beritajakarta.id

64 KK Kampung Pulo Sudah Tinggal di Rusunawa

Puluhan kepala keluarga (KK) asal Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, sepakat untuk direlokasi. Namun, untuk persoalan bangunan, warga masih berproses untuk menuntut penggantian dari Pemprov DKI Jakarta melalui pengadilan.

Totalnya ada 64 KK dengan jumlah jiwa lebih dari 180 orang

Secara keseluruhan, ada sebanyak 64 KK dengan jumlah jiwa lebih dari 180 orang di RW 01, Kampung Melayu, yang terdampak normalisasi Kali Ciliwung. Saat ini, hampir keseluruhan warga RW 01 yang terdampak normalisasi sudah pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat.

Ketua RW 01 Kelurahan Kampung Melayu, Muhammad Haris mengatakan, seluruh warga di wilayahnya yang terdampak normalisasi sepakat untuk direlokasi. Sepakatnya warga direlokasi disebabkan karena jenuh kerap mengalami kebanjiran.

Penertiban Warga Kampung Pulo Diundur

"Totalnya ada 64 KK dengan jumlah jiwa lebih dari 180 orang. Semua sudah pindah menghuni di blok A dan B Rusunawa Jatinegara Barat," ujar Haris, Selasa (18/8).

Walaupun warga sepakat untuk direlokasi, namun bukan berarti mereka tidak menempuh jalur hukum untuk menuntut penggantian bangunan. Hingga saat ini warga melalui tim yang dibentuk, secara paralel menuntut penggantian bangunan melalui pengadilan.

"Prinsipnya kita ambil dahulu tawaran relokasi. Toh kalau dikabulkan pengadilan, Pemprov DKI juga akan membayar penggantian bangunan warga," jelas Haris.

Sementara itu, salah seorang warga RT 12/01, Kampung Melayu, Wina (23) mengaku senang ibunya Neni (50), telah mendapat unit Rusunawa Jatinegara Barat di lantai 4 blok B. Sebab, setiap musim penghujan, ia bersama keluarga kerap kebanjiran dan harus mengungsi.

"Sudah sepekan ibu dan kakak serta adik tinggal di sini. Di sini lebih bersih dan baik untuk anak tentu lebih sehat," jelas Wina.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito