You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sidak pasar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

PKL Binaan JP 37 dan JP 38 Pasar Poncol akan Ditata

Ratusan pedagang di penampungan pedagang kaki lima (PKL) binaan JP 37 dan 38 Pasar Poncol, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat akan direlokasi. Barang dagangan yang sering diletakkan di jalan, membuat Jalan Kalibaru Timur sulit untuk dilalui oleh kendaraan roda empat.

Untuk pedagang JP 37 dan JP 38, dari hasil Rapat Pimpinan (Rapim) Walikota PKL Poncol ini harus ditata

"Untuk pedagang JP 37 dan JP 38, dari hasil Rapat Pimpinan (Rapim) Walikota PKL Poncol ini harus ditata. Langkah kita adalah melakukan penertiban awalnya agar mudah ditata ulang," ujar Bangun Richard, Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Pusat, saat meninjau JP 37 dan JP 38, Selasa (18/8).

Bangun mengatakan, penataan dilakukan karena banyak pedagang yang meletakkan barang dagangannya di bahu jalan. Padahal mereka sudah memiliki kios berukuran 4 meter persegi. "Ya alasan penertiban karena PKL sudah turun ke jalan, keluar dari kiosnya masing-masing," ucapnya.

110 PKL di Kelapa Gading Barat Ditertibkan

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya PKL dan parkir liar yang muncul di Jalan Kalibaru Timur. Sehingga yang tadinya jalan bisa dilalui oleh Mikrolet M 35 jurusan Senen-Kampung Melayu, kini sudah tidak lagi. "Karena sudah terlalu padat jalannya, jadi sulit untuk dilalui jenis kendaraan mobil. Tapi kita lebih dahulu akan mengundang pedagang pekan depan untuk sosialisasi di Kecamatan Senen," katanya.

Salah seorang pengurus JP 37 dan JP 38 Pasar Poncol, Slamet (49) menepis anggapan jika pedagang resmi menyebabkan kemacetan di jalan tersebut. Menurutnya, PKL liar lah yang akhirnya membuat jalan menjadi berkurang lebarnya. "Kami kan bukan PKL liar tapi PKL binaan yang sudah memberikan PAD melalui retribusi sejak tahun 1980 an. Bahkan kini rettribusi menggunakan auto debet Bank DKI," tutur Slamet.

Slamet yakin, jika PKL liar yang ada di sepanjang Jalan Kalibaru Timur ditertibkan maka jalan dapat berfungsi maksimal seperti semula. "Kalau pun memang harus dibongkar ya kita minta disediakan tempat berdagang yang baru," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1199 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1127 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1125 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye929 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye926 personNurito