You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mitra Foodhub Food Station Semakin Bertambah
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Mitra Foodhub Food Station Semakin Bertambah

PT Food Station Tjipinang Jaya telah meluncurkan FoodHub, sebuah program strategis yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya warung sembako di DKI Jakarta.

"Saat peluncuran pertama, kita baru memiliki 17 mitra, sekarang sudah 55 mitra,"

Program ini tidak hanya menyediakan suplai bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, tetapi juga memberikan pendampingan dalam pengelolaan toko dan keuangan.

Berdasarkan data Food Station, terdapat 375.092 UMKM di Jakarta dengan 33.758 di antaranya adalah warung sembako. Melihat potensi besar tersebut, FoodHub hadir sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi distribusi pangan sekaligus mendukung digitalisasi UMKM. Sehingga mereka lebih mudah mencatat transaksi keuangan dan mendapatkan akses permodalan.

Pasar Murah Food Station Bakal Jangkau 240 Titik Selama Ramadan

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Karyawan Gunarso mengatakan, jumlah mitra FoodHub telah berkembang pesat sejak peluncuran awal pada Januari 2025.

“Saat peluncuran pertama, kita baru memiliki 17 mitra, sekarang sudah 55 mitra. Program ini masih dalam tahap awal, jadi kami terus evaluasi dan sempurnakan layanan. Target tahun ini, kalau bisa mencapai 100 hingga 200 mitra. Itu sudah sangat bagus,” katanya, Rabu (5/3).

Ia menyampaikan, Food Station juga menghadapi tantangan dalam proses pengembangannya, seperti keterbatasan kapasitas tempat usaha UMKM dan adaptasi terhadap sistem digital. Karena itu, edukasi mengenai cara pemesanan, pembayaran, hingga pemilihan produk menjadi bagian penting dalam program ini.

Gunarso menjelaskan, FoodHub memiliki dua kategori mitra, Silver dan Gold berdasarkan volume transaksi bulanan. Silver memiliki transaksi di bawah Rp10 juta, sedangkan Gold, transaksi di atas Rp10 juta dengan jaringan distribusi yang lebih luas.

Ia mengatakan, saat ini, mayoritas mitra FoodHub masih berada di kategori Silver. Namun, Food Station optimistis seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pesanan, banyak mitra yang akan beralih ke kategori Gold, terutama saat Ramadan, di mana permintaan bahan pangan biasanya melonjak.

“Khususnya di bulan Ramadan, harusnya banyak yang naik ke Gold karena omzet meningkat. Kami yakin produk kami akan semakin dikenal dan dipercaya oleh pelaku usaha,” ucapnya.

Gunarso menambahkan, mengenai legalitas UMKM, mitra FoodHub umumnya berada di bawah binaan Dinas PPKUKM dan sebagian besar sudah berbadan usaha seperti CV. Dengan demikian, mereka memiliki landasan hukum yang kuat untuk berkembang lebih lanjut.  

“Food Station optimistis FoodHub akan menjadi solusi berkelanjutan bagi UMKM warung sembako di Jakarta, menciptakan sistem distribusi yang lebih efisien dan saling menguntungkan bagi petani, produsen, distributor dan konsumen,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Plt Wali Kota Jaktim Tinjau Posko Antitawuran di Batu Ampar

    access_time16-04-2025 remove_red_eye4270 personNurito
  2. DPRD Dukung Jakarta Jadi Kota Perfilman

    access_time14-04-2025 remove_red_eye1823 personFakhrizal Fakhri
  3. Kebakaran di Bawah Kolong Tol Wiyoto Wiyono Berhasil Dipadamkan

    access_time16-04-2025 remove_red_eye1654 personAnita Karyati
  4. Langkah Pemprov Gunakan Truk Sampah Listrik Diapresiasi

    access_time14-04-2025 remove_red_eye1606 personFakhrizal Fakhri
  5. Pemprov DKI Pastikan Rekrutmen 1.652 Petugas PPSU Transparan dan Bebas KKN

    access_time15-04-2025 remove_red_eye1594 personAldi Geri Lumban Tobing

Hitung Mundur 22 Juni 2027

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik