You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Tanggung Biaya Perawatan Rusunawa
.
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Tanggung Biaya Perawatan Rusunawa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menanggung seluruh biaya perawatan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat. Diharapkan, warga Kampung Pulo yang direlokasi ke rusunawa tersebut tak terbebani dengan biaya tinggi. Warga hanya dibebani biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu per hari.  

Kami subsidi mereka hingga 80 persen untuk biaya perawatan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, satu unit rusunawa seluas 30 meter yang dibangun menghabiskan dana sebesar Rp 200 juta. Rusunawa tersebut diberikan kepada warga Kampung Pulo secara cuma-cuma.

Mereka bisa tinggal di rusunawa hingga tujuh turunan. Namun rusunawa tidak boleh dijual. Selain memberikan secara cuma-cuma mereka juga akan mendapatkan subsidi untuk perawatan gedung. Setidaknya 80 persen biaya perawatan akan ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

DKI Fokus Bangun Transportasi Publik & Rusunawa

"Kami subsidi mereka hingga 80 persen untuk biaya perawatan," kata Basuki, saat rapat dengan Komunitas Ciliwung Merdeka dan perwakilan warga Kampung Pulo, di Balai Kota DKI Jakarta pada 4 Agustus lalu. Adapun rekaman video pertemuan itu telah diunggah ke Youtube.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Habib Soleh, beberapa perwakilan Ciliwung Merdeka, beberapa ketua RT dan RW setempat, Camat Jatinegara, Lurah Kampung Melayu, serta Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Ika Lestari Aji.

Menurut Basuki, jika ada kerusakan di rusunawa warga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Nantinya, akan ada petugas yang mengecek secara berkala fasilitas yang ada di rusunawa.

"Kalau di rumah sendiri kan tetap ada biaya perbaikan pintu, cat tembok, engsel, itu semua kami yang tanggung," ucapnya.

Bahkan, jika ada warga yang sudah lanjut usia dan tidak mampu membayar retribusi, maka ditawarkan untuk tinggal di panti sosial. Kebutuhan hidup mereka akan ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami akan bangun vila dilengkapi dengan danau di Ciangir. Di sana semua kebutuhan warga akan ditanggung, uang makan sehari Rp 28 ribu," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito