You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kebun Kota Kemayoran Jadi Pusat Percontohan
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Kebun Kota Kemayoran Jadi Pusat Percontohan

Warga sekitar Komplek Angkasa Pura, RT 14/06 , Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat kini mempunyai kebun kota. Warga pun bisa memanfaatkan lahan kosong milik Sekretariat Negara (Setneg) RI dengan luas 3.000 meter persegi, yang kini menjadi pusat percontohan kebun kota di Jakarta Pusat.

Kebun Kota ini menjadi pusat percontohan di Jakarta Pusat, karena memiliki potensi terpadu. Yakni pertanian, kolam ikan dan bank sampah

Ketua RT 14/06 Kebun Kosong, Joko Sarjono (50) mengatakan, pemanfaatan lahan untuk kebun kota dirintis sejak tahun 2006 lalu. Lahan tersebut awalnya hanya berupa rawa-rawa.

"Tadinya rawa, lalu diolah oleh warga menjadi kebun kota. Ada tanaman sayuran, pohon produktif dan tanaman buah dalam pot (Tabulampot)," ujar Joko, Kamis (27/8).

Kawasan KBT Bakal Disulap Jadi Areal Pertanian

Joko mengatakan, dari sekian banyak jenis tanaman, unggulan dari kebun kota ini adalah bunga Rosela dan tanaman obat keluarga (Toga). Tercatat ada 125 jenis Toga, dan ratusan tanaman sayuran berbagai jenis. "Seperti pokcay, bayam, seledri, kangkung, cesim dan sebagainya," ucapnya.

Sementara, Camat Kemayoran, Herry Purnama mengatakan, operasional kebun kota ini di bawah binaan Sudin Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat. Selain itu, berkat kerja sama dengan pihak Majalah Trubus melalui program corporate social responsibility (CSR), Bank Indonesia dan Angkasa Pura kini menjadi kebun kota percontohan.

"Kebun Kota ini menjadi pusat percontohan di Jakarta Pusat, karena memiliki potensi terpadu. Yakni pertanian, kolam ikan dan bank sampah. Bahkan bank sampah ini, terbaik di Jakarta Pusat," tuturnya.

Menurut Herry, saat ini beberapa jenis sayuran dan juga ikan sudah siap dipanen. Dan rencananya pada Jumat (28/8) besok, Walikota Administrasi Jakarta Pusat, Mangara Pardede akan datang sendiri memanennya bersama warga.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1114 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye903 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye832 personAldi Geri Lumban Tobing