You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Rupiah Melemah, Pedagang Elektronik Glodok Terpuruk
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Rupiah Melemah, Pedagang Elektronik Glodok Resah

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, berimbas pada geliat perdagangan barang elektronik di pusat perdagangan Glodok, Jakarta Barat. Beberapa pelaku bisnis di sana, mengeluhkan sepinya pembeli yang berimbas pada merosotnya omzet mereka. 

Omzet penjualan anjlok hingga 40 persen, beberapa pemilik toko terpaksa menutup  toko karena sudah tidak bisa lagi menutupi pengeluarannya

Bahkan sejumlah pemilik toko di kawasan Glodok telah menutup usaha karena tidak sanggup menutup biaya operasional.

Han Sin (50), pedagang elektronik di Glodok mengaku, omzetnya menurun hingga 40 persen sejak harga nilai tukar dolar AS terus melambung dalam beberapa pekan ini.

Kolong Harco Glodok akan Ditata Ulang

“Sekitar dua pekan lamanya tidak ada pembeli.  Omzet penjualan anjlok hingga 40 persen, beberapa pemilik toko terpaksa menutup  toko karena sudah tidak bisa lagi menutupi pengeluarannya,” kata Han Sin, Kamis (27/8).

Dia mengungkapkan, bila kondisi serupa masih terus berlangsung hingga September mendatang, dirinya berniat menutup toko miliknya sementara waktu.

“Ibaratnya , tinggal menghitung hari saja. Kalau sampai September 2015 tidak ada perubahan, ada kemungkinan saya akan istirahat dulu (tutup). Biaya pengeluarannya cukup besar, sementara pemasukan tidak ada. Kayaknya, sulit untuk bertahan,” ucapnya.

Acun (30), pedagang elektronik lainnya membenarkan jika penjualan barang elektronik sedang sulit akibat melemahnya nilai rupiah terhadap dolar. Alhasil, harga barang elektronik impor naik, tapi di satu sisi daya beli masyarakat menurun.

 “Kami berharap kepada pemerintah segera mengambil langkah penyelematan ekonomi sehingga kondisi kembali pulih. Kalau kondisi ini dibiarkan terus – menerus, pedagang Glodok bisa bangkrut,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati