You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
sekda dki temui jamaah dki
.
photo doc - Beritajakarta.id

Saefullah Apresiasi Maktab di Mina

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengimbau panitia agar mengatur waktu melontar jumrah. Hal tersebut dilakukan pasca tragedi Mina yang menewaskan lebih dari 700 jamaah beberapa waktu lalu. 

Kita mengutamakan keamanan dan keselamatan jamaah

Menurut Saefullah yang juga Amirul Haj DKI, pengaturan tersebut untuk menghindari kejadian serupa dan menimpa jamaah haji asal ibu kota. Dia mengharapkan, panitia agar terus memantau keberadaan jamaah pasca tragedi Mina. Serta mengatur waktu melontar di Jamarat sesuai petunjuk dan arahan dari Maktab maupun Kementerian Agama (Kemenag). Sehingga jamaah haji Indonesia khususnya DKI, bisa melakukan prosesi melontar jumrah dengan aman. 

"Kita mengutamakan keamanan dan keselamatan jamaah," kata Saefullah melalui siaran pers yang diterima Beritajakarta.com, Sabtu (26/9). 

Enam Calon Haji DKI Meninggal di Mekkah

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi berdesak-desakan dalam melontar jumrah, maktab-maktab di Mina mengeluarkan jadwal melontar jumrah pada tanggal 12 dan 13 Zulhijah 1436 H.

Saefullah pun menyempatkan mengunjungi jamaah haji asal DKI yang bermalam di Mina. Mereka bermalam di Maktab 40. Di maktab ini terdapat JKG 03. Pada kesempatan itu Saefullah datang bersama Asisten Sekda bidang Kesra, Fatahillah dan Kepala Biro Dikmental DKI, Ahmad Ghozali. 

Dari laporan para petugas yang mendampingi jamaah, sebagian besar jamaah ada yang mengambil Nafar Awal dan kembali ke pemondokan di Mekkah pada tanggal 12 Zulhijah pukul 13.00 waktu setempat. Sementara ada juga yang mengambil Nafar Sani kembali ke Mekkah satu hari setelahnya. 

Melihat Maktab 40 di Mina, Saefullah merasa puas. Karena kondisi maktab sangat baik. Beberapa fasilitas yang diperlukan oleh jamaah terpenuhi dengan baik, seperti penerangan cukup dan kamar mandi. 

"Bedanya dengan BPIH khusus, hanya lokasi yang agak jauh dan tidur tidak dengan matras dan makan dengan boks," ujar Saefullah. 

Pada kunjungan ke Maktab 40 ini, Saefullah juga menyempatkan menemui Surachman, jamaah haji asal DKI yang menjadi korban crane di Mekkah beberapa waktu yang lalu. Saefullah bersyukur bahwa Surachman tidak melakukan safari Wukuf, bahkan dapat melontar jumrah.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1245 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1234 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1179 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1142 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1066 personNurito