You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Wali Kota Ingin Gedung Eks Kodim Untuk Pengembangan Budaya Betawi
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Walkot Jaktim Ingin Gedung Eks Kodim Jadi Pusat Pengembangan Budaya

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengusulkan Gedung Eks Kodim di Jalan Raya Bekasi Timur, Jatinegara, bisa dimanfaatkan bagi kegiatan masyarakat untuk pelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

Saya usul ke Kasudin Kebudayaan dan Pariwisata agar segera dimanfaatkan, supaya gedung ini terawat, dan tidak berantakan

Dikatakan Bambang, gedung yang menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini, kondisinya sudah tak terawat meski sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

"Saya usul ke Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan agar segera dimanfaatkan, supaya gedung ini terawat dan tidak berantakan begini," ujar Bambang, saat membuka Festival Kuliner Betwai di gedung bekas kediaman Mester Cornelis tersebut, Senin (28/9).

Gelar Seni Budaya akan Dihelat di Kramatjati

 

Bambang meminta Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur untuk mengelola gedung tersebut dan menjadikannya sebagai pusat promosi kesenian Budaya Betawi.

"Saya ingin promosi kebudayaan Betawi untuk tingkat provinsi atau tingkat kota. Gedung ini kan sudah lama tidak terpakai. Daripada rusak dimakan usia tanpa dimanfaatkan, lebih baik digunakan untuk pengembangan budaya," tandas Bambang.

Dalam catatan sejarah, bangunan ini dulunya adalah kediaman penguasa Belanda bernama Mester Cornelis dan secara bergantian dikuaasai pejuang Republik Indonesa yang tergabung dalam Kesatuan Laskar Rakyat Jakarta.

Terakhir gedung ini digunakan sebagai markas Kodim 0505, kemudian diambil alih oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta, dan  ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati