You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Daripada Ganjil Genap, Basuki Tetap Pilih ERP
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki Tetap Pilih ERP

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap memilih penerapan electronic road priceing (ERP) ketimbang ganjil genap. Namun, dirinya belum bisa memastikan kapan lelang ERP bisa dilakukan. Pasalnya, mencontoh dari beberapa negara yang menerapkan kebijakan ganjil genap tidak berjalan dengan baik untuk mengatasi kemacetan.

kalau menurut kita lebih baik pembatasan dengan ERP, enggak usah ganti ganjil genap

"Ganjil genap praktiknya di Manila ternyata gagal juga. Nah kalau menurut kita lebih baik pembatasan dengan ERP, enggak usah ganti ganjil genap," ujar Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/10).

Basuki mengakui, seharusnya lelang ERP bisa dilakukan tahun ini. Namun dirinya belum mendapatkan laporan dari Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans), Andri Yansyah. "Mesti tanya sama dinas. Kayaknya tahun ini, tapi enggak tahu. Mestinya bisa lelang ya," katanya.

Ahok Masih Cari payung Hukum ERP

ERP sendiri telah diujicoba di Jakarta. Ada dua jalan yang telah dipasangi gerbang ERP yakni di Jl Jenderal Sudirman dan Jl HR Rasuna Said. Keduanya dipasang oleh dua perusahaan yang berbeda yakni Kapsch perusahaan asal Swedia dan Q-Free perusahaan asal Norwegia.

Tahap pertama uji coba sistem ERP telah dilakukan pada pertengahan Juli 2014 lalu di Jl Jenderal Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Gedung Panin Bank. Sementara tahap kedua dilakukan di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada akhir September 2014.

Dari uji coba yang telah dilakukan, kedua alat mampu membaca nomor polisi kendaraan yang melintas. Nantinya hanya kendaraan yang terpasang on board unit (OBU) yang bisa melintas pada jalan-jalan yang diterapkan ERP.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1140 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1016 personAldi Geri Lumban Tobing