You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
angkut sampah dinas kebersihan
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Pipa Pembuangan Tinja di Kali Kinanta Ditutup

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pisangan Timur, bersama puluhan warga, membersihkan Kali Kinanta yang melintas di RW 01, 04, 05 dan 07. Di Kali ini PPSU menutup pipa yang dijadikan pembuangan tinja warga.

Seluruh saluran air pemicu banjir dibersihkan dengan mengerahkan 63 PPSU

Lurah Pisangan Timur, Siti Maryam mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 63 petugas PPSU untuk membersihkan seluruh saluran air di wilayahnya, secara bertahap. 

"Kita upayakan seluruh saluran air pemicu banjir dibersihkan dengan mengerahkan 63 PPSU. Namun yang sulit dikerjakan kita minta ke Sudin Tata Air agar dikerjakan," ujar Siti Maryam, saat memimpin jalannya kerja bakti di lingkungan RW 02, Minggu (25/10).

40 Petugas PPSU Bersihkan Saluran Papanggo

Siti menjelaskan,  di wilayahnya terdapat 14 RT dan 166 RT. Dari jumlah tersebut, sudah 70 persen saluran air dibersihkan oleh PPSU.  Wilayah RW 02, sambung Siti, merupakan daerah rawan genangan karena berada di dataran rendah.

"Saluran air yang ada posisinya lebih rendah dibanding saluran air di RW 01 tepatnya depan Pasar Enjo. Sehingga saat hujan deras, arus air sering berbalik ke wilayah RW 02," ucap Siti Maryam.

Ditambahkan Siti, petugas PPSU juga juga dikerahkan membersihkan Kali Kinanta.  Di kali yang lebarnya sekitar empat  meter, banyak ditemukan tempat pembuangan limbah warga.

Tercatat ada sekitar 100 rumah, yang membuang kotoran tinja ke kali tersebut. Mereka sudah lebih dari 20 tahun tidak memiliki septic tank, sehingga membuang tinja langsung kali Kinanta.

"Seluruh pipa pembuangan tinja dari rumah warga sudah ditutup PPSU. Warga tidak boleh lagi buang tinja ke Kali Kinanta," tukas Siti Maryam.

Pihaknya memberikan kesempatan pada warga untuk membuat septic tank di rumahnya masing-masing.

"Kami larang  warga membuang tinja ke Kali Kinanta. Sebab selain mencemari lingkungan juga mengganggu ketertiban umum," tandas Siti.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1151 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1042 personAldi Geri Lumban Tobing