You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Ingin Kembangkan Aplikasi Pembayaran Pajak Restoran
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Basuki akan Buat Aplikasi Pembayaran Pajak Restoran

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana membuat aplikasi yang bisa memantau pembayaran pajak pertambahan nilai (PPN) restoran di Ibukota. Hal itu dilakukan PPN restoran sebesar 10 persen dapat ditelusuri. Dengan demikian, restoran yang ada di Ibukota tidak bisa lagi bermain dengan pajak yang dibayarkan.

Kan orang-orang setiap makan di restoran pasti bayar pajak 10 persen. Tapi kita nggak pernah tahu apakah restoran ini membayarkan pajak ke pemerintah

Rencana Basuki ini, lantaran beberapa restoran disinyalir tidak menyetorkan PPN tersebut secara lengkap kepada Pemprov DKI Jakarta. Sehingga pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tersebut seringkali tidak mencapai target. Padahal, masyarakat telah dikenakan pajak saat membeli makanan di restoran.

"Kan orang-orang setiap makan di restoran pasti bayar pajak 10 persen. Tapi kita nggak pernah tahu apakah restoran ini membayarkan pajak ke pemerintah," kata Basuki, saat peluncuran Go-Busway dan Qlue Transit, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (28/10).

Penerimaan Pajak Transaksi Masyarakat Menurun

Dikatakan Basuki, dengan aplikasi tersebut diharapkan bisa mencegah kebocoran penerimaan pajak restoran yang selama ini terjadi. ‎Jika terbukti ada restoran yang tidak membayarkan PPN ke Pemprov DKI, akan dikenakan sanksi.

Sanksi terberat yang dikenakan yakni penutupan tempat usaha. Bahkan pemilik restoran tidak diperbolehkan lagi membuka usaha sejenis. "Saya tutup restorannya dan Anda tidak boleh buka usaha yang sama, tegasnya.

Hal ini, lanjut Basuki, juga bisa mencegah adanya permainan pengusaha dengan oknum di Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta. Basuki pun tak menampik jika masih ada oknum pegawainya yang bermain dengan wajib pajak seperti pengusaha restoran.

Keinginan Basuki untuk membuat aplikasi tersebut, ini menyusul banyaknya aplikasi yang tercipta untuk memudahkan mengontrol kinerja bawahannya. Seperti ‎aplikasi Qlue, Jakarta Smart City, Qlue Transit, dan lain-lain.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1167 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito