You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Displin Listrik Cegah Kebakaran
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, masyarakat Ibukota belum memiliki sikap disiplin dalam menggunakan energi listrik. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang membiarkan listrik dalam kondisi aktif walau tidak . Menurutnya,.
photo doc - Beritajakarta.id

Sekolah Diamuk Api, Kelas dan Lab Terbakar

Musibah kebakaran melanda SMPN 200, Jl Rorotan Simpang 3, RW 11, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Akibat peristiwa tersebut, 2 ruang kelas, 1 ruang lab IPA, 1 gudang dan kantin sekolah hangus terbakar.

Api membesar dengan cepat karena ada lab IPA. Kita menduga banyaknya cairan yang mudah terbakar menyebabkan api cepat membesar

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 yang diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik. Untuk memadamkan api, 10 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Beruntung pukul 17.55 api sudah dapat dikuasai. Walau tidak sampai memakan korban jiwa, kerugian yang diderita pihak sekolah mencapai Rp 300 juta.

Afif (31) warga RT 01/11, Kelurahan Rorotan, mengatakan, kebakaran terjadi menjelang Maghrib. Bersama warga lain ia berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, upaya tersebut tidak berhasil.

30 Rumah Semi Permanen di Muara Baru Ludes Terbakar

"Kita berupaya memadamkan, tapi api sudah keburu membesar," ujarnya, Sabtu (3/5).

Sementara itu, Perwira Piket Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Utara, Latif Ahmad mengaku, laporan diterima pihaknya sekitar pukul 17.30 tadi. Beruntung, karena hari ini akhir pekan, jalanan tidak macet sehingga pihaknya cepat tiba di lokasi.

"Api membesar dengan cepat karena ada lab IPA. Kita menduga banyaknya cairan yang mudah terbakar menyebabkan api cepat membesar," jelasnya.

Mengenai penyebab kebakaran, Latif menduga karena arus pendek yang berasal dari sebuah kabel di luar ruang gudang sekolah. Kebetulan gudang sedang penuh berisi bangku dan kursi bekas yang terbuat dari kayu sehingga materialnya mudah terbakar.

"Kerugian kita taksir sekitar Rp 300 juta. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye977 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing