You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Padat Sedimen Lumpur, Warga RBU Minta Saluran PBH Betik Dikeruk
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Saluran Phb Betik Dipadati Lumpur Tebal

Warga RW 08, Kelurahan Rawa Badak Utara (RBU), Koja, Jakarta Utara, meminta Sudin Tata Air Jakarta Utara segera melakukan pengerukan saluran penghubung (Phb) Betik. Pasalnya, saluran tersebut telah tersumbat lumpur dan menghambat aliran air. 

“ Tapi pengerukan pada 3 RW tersebut sudah sangat lama. Sedangkan untuk di RW 08, sama sekali belum pernah dikeruk hingga saat ini endapat lumpur sepanjang saluran PHB tersebut sudah sangat tebal hingga warga minta segera dikeruk,”

Pantauan Beritajakarta.com, kondisi saluran tampak dipenuhi lumpur tebal. Saluran pun hanya dapat menampung sedikit air. Dikhawatirkan saat musim hujan, air dari saluran akan meluap ke hunian warga. Padahal, saluran tersebut tepat berada di belakang kantor Kelurahan Rawa Badak Utara. Selain itu, saluran juga menyempit akibat bangunan warga yang menjorok ke saluran.

Ketua RW 08, Kelurahan RBU, Haryadi mengatakan, saluran PHB tersebut belum pernah dikeruk. Pengerukan hanya dilakukan di RW 03, 09, dan 11.

Sampah Menumpuk di Saluran PHB Jl Pemuda

“Tapi pengerukan pada 3 RW tersebut sudah sangat lama. Sedangkan untuk di RW 08, sama sekali belum pernah dikeruk. Endapan lumpur sepanjang saluran sudah sangat tebal,” ujar Haryadi, Kamis (12/11).

Lurah RBU, Teguh Subroto mengatakan, mengakui saluran Phb tersebut telah dipadati lumpur yang cukup tebal. Selama ini, saat hujan pemukiman warga kerap tergenang hingga ketinggian 60 sentimeter.

“Saluran Phb Betik memang sudah harus dikeruk agar saat musim hujan genangan dapat diminimalisir. Untuk itu, kami akan berkoordinasi dengan pihak Sudin Tata Air agar segera dikeruk,” kata Teguh.

Sementara, Kasudin Tata Air Jakarta Utara, Kasna mengatakan, saat ini pengerukan saluran PHB Betik sedang dilaksanakan pada bagian hilir saluran yang di Waduk Rawa Badak oleh Dinas Tata Air DKI Jakarta.

“Untuk pengerukan saluran tersebut, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Tata Air untuk melaksanakan pengerukan sesuai dengan permintaan warga. Untuk itu, kami berharap pihak kelurahan untuk dapat berkirim surat dengan segera terkait permintaan pengerukan saluran PHB Betik,” ungkap Kasna.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1270 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1187 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer