You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Berupaya Minimalisir Kematian Serangan Jantung
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

DKI Berupaya Minimalisir Kematian Serangan Jantung

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengembangkan sistem layanan Istemi (ST-elevation Myocardinal Infarction) untuk meminimalisir kematian saat terjadi serangan jantung. Hasilnya, pilot project yang dilaksanakan di Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, mampu menekan angka kematian hingga 40 persen.

Dengan keberhasilan ini, kita akan terapkan ke wilayah lain

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan DKI Jakarta, selama kurun waktu 2008-2010, di wilayah Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, dengan jumlah penduduk mencapai 2,2 juta jiwa, setiap tahun sebanyak 5.026 warga mengalami serangan jantung. Dari jumlah tersebut, diperkirakan sebanyak diantaranya 1.675 jiwa meninggal dunia.

"Sebelum diterapkan, angka kematian akibat serangan jantung di wilayah Jakarta Barat mencapai 1.675 orang setiap tahunnya. Tahun ini menurun sekitar 40 persen," kata Koesmedi Priharto, Kepala Dinas Kesehatan DKI, Jumat (13/11).

Ridho Kamaludin, Anggota DPRD DKI Meninggal Dunia

Pola penangan Istemi yang dikembangkan ialah membangun jejaring antar puskesmas  dengan sejumlah rumah sakit di Jakarta Barat. Setiap pasien yang dibawa ke pelayanan kesehatan masyarakat dengan diagnosa terkena serangan jantung akan langsung ditangani intensif. Hasil diagnosa pun langsung dikomunikasikan dengan dokter ahli di rumah sakit yang sudah dibangun jejaring.

Kemudian, bila dibutuhkan, pasien akan langsung dirujuk ke rumah sakit dimaksud. Dengan komunikasi yang sudah dilakukan perujuk dan merujuk, diharapkan penanganan pasien saat tiba di rumah sakit jauh lebih cepat.

"Dengan keberhasilan ini, kita akan terapkan ke wilayah lain. Mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara juga akan kita aplikasikan. Tenaga kesehatan pun secara periodik kita latih lakukan penanganan," papar Koesmedi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1197 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito