You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
70 Persen Panti Diisi Orang Gangguan Jiwa Dari Luar DKI
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

70 Persen Panti Diisi Orang Gangguan Jiwa dari Luar DKI

Penderita gangguan jiwa yang menghuni panti sosial di DKI Jakarta kebanyakan merupakan orang luar ibukota. Pembangunan panti akan dilakukan, untuk menambah daya tampung untuk penderita gangguan jiwa.

Kenapa kami tampung, karena namanya juga orang gangguan jiwa, dia nggak tahu alamatnya lagi, dia pun nggak tahu dia mau pulang ke mana.

"Yang paling masalah sekarang ini adalah orang dengan gangguan jiwa yang masuk ke Jakarta. Itu sekarang di panti kami 60 sampai 70 persen itu sudah orang-orang gangguan jiwa dari luar Jakarta," kata Basuki Tjahja Purnama, Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/11).

Melihat hal itu, Basuki berencana menambah fasilitas panti sosial yang ada di ibukota. Sebab pihaknya tidak bisa mengahalau datangnya orang dengan gangguan jiwa tersebut. Karena mereka juga tidak bisa mengingat keluarga ataupun tempat tinggalnya.

7 PMKS Terjaring di Jaksel

"Makanya kami harus tambah fasilitas. Kenapa kami tampung, karena namanya juga orang gangguan jiwa, dia nggak tahu alamatnya lagi, dia pun nggak tahu dia mau pulang ke mana. Ya sudah kami tampung saja," ucapnya.

Menurut Basuki, panti yang ada saat ini dinilai tidak cukup lagi untuk menampung. Rencananya penambahan panti sosial akan dilakukan pada tahun depan. "Masalahnya sekarang tempat tinggalnya enggak cukup. Kami lagi mau bangun lagi tahun depan," kata Basuki.

Kendati demikian, Basuki menyebut jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ada di ibu kota menurun. Penurunan tersebut lantaran adanya kebijakan untuk membuat surat perjanjian. "Gepeng (gelandangan dan pengemis) sekarang cukup menurun juga, karena kan ada perjanjian itu jalan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1037 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye826 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati