You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tangkal Terorism, DKI Kembangkan Sekolah Agama
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Peran Masyarakat Efektif Tangkal Terorisme

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi penyelenggaraan Sekolah Agama dan Bina Damai (Sabda) angkatan kedua di Wisma Samadi, Jl Dermaga, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (23/11). Diharapkan, Sabda dapat mederadikalisasi pemahaman ekstrem beragama yang berpotensi menyuburkan terorisme di DKI Jakarta.

"Untuk melakukan pencegahan (terorism) kita ada banyak TNI, Polri, tapi pencegahan paling efektif oleh masyarakat di tingkat RT dan RW. Yang efektif medeteksi, menetralisir atau memotong itu masyarakat,"

Djarot menilai, radikalisasi di DKI Jakarta tidak menjadi ancaman, namun keberadaannya harus tetap diwaspadai. Walau secara pendekatan preventif pihak kepolisian, TNI dan intelejen massif melakukan pengawasan, peran masyarakat untuk melakukan deteksi merupakan pilar yang paling efektif menangkal potensi terorisme.

"Untuk melakukan pencegahan (terorisme) kita ada banyak TNI, Polri, tapi pencegahan paling efektif oleh masyarakat di tingkat RT dan RW. Yang efektif mendeteksi, menetralisir atau memotong itu masyarakat," ujar Djarot,

Lulusan Sabda Diminta Sebar Pemahaman dan Semangat Kedamaian

Dikatakan Djarot, Sabda akan membuka ruang dialog semua agama yang bermuara pada kasih sayang kedamaian dan bertoleran sehingga Jakarta kondusif. Tidak hanya dipahami oleh para lulusan Sabda, paham tersebut diharapkan Djarot dikembangkan di tengah masyarakat, khususnya generasi penerus.

"Ini harus diajarkan hingga tingkat TK SD dan SMP, toleran satu sama lain. Bahwa kita bersaudara tanpa mengenal apa agamamu, apa bahasa daerahmu, dari mana asal sukumu, kita sebagai sesama warga bangsa adalah saudara," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1301 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1259 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1210 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1095 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye833 personFolmer