You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
BPAD DKI akan Tambah Koleksi Buku Negara Asean
.
photo Bayu Suseno - Beritajakarta.id

BPAD DKI akan Tambah Koleksi Buku Negara Asean

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta akan menambah koleksi buku-buku dari negara Asean. Rencana tersebut merupakan persiapan menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) awal 2016 mendatang.

Kita sudah ada pembahasan untuk membuka les bahasa Vietnam, Thailand, dan lain-lain. Itu harusnya ada, dan tengah kami persiapkan

Selain itu, BPAD DKI Jakarta juga tengah menjajaki penyelenggaraan kursus bahasa. Diharapkan, pengetahuan dan keahlian yang didapat, bisa meningkatkan kesiapan masyarakat bersaing dengan negara-negara di ASEAN.

Kepala BPAD DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan, pihaknya ingin melakukan terobosan bagi perpustakaan Indonesia jelang diberlakukannya MEA.

BPAD Siagakan Truk Perpustakaan di SMPN 49

"Jadi apa yang akan kita lakukan persiapan hadapi MEA, strateginya seperti apa. Misalnya, mulai memasukkan koleksi-koleksi yang terkait dengan MEA dan buku-buku dari negara ASEAN," ujar Tinia, di Balai Kota, Selasa (24/11).

Selanjutnya, Forum Perpustakan Umum Indonesia pun harus menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni agar bisa bersaing dan meningkatkan mutu dan kualitas perpustakaan di Indonesia. Hal ini mengingat ke depannya SDM perpustakaan tak hanya melayani pembaca dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.

Di beberapa negara ASEAN, tambah Tinia, saat ini sudah mulai diberikan buku bacaan tentang Indonesia kepada masyarakatnya. Pemerintah negara bersangkutan bahkan membuka sejumlah sarana les bahasa Indonesia.

"Kita sudah ada pembahasan untuk membuka les bahasa Vietnam, Thailand, dan lain-lain. Itu harusnya ada, dan tengah kami persiapkan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1272 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1188 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer