You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kali Cipinang
Warga yang tinggal di sisi kali Cipinang, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, meminta agar  segera dibangunkan turap di sepanjang kali tersebut. Pasalnya setiap hujan turun maka kawasan ini menjadi tempat langganan banjir.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Warga Pekayon Minta Kali Cipinang Diturap

Warga yang tinggal di sekitar sisi Kali Cipinang, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, meminta agar instansi terkait segera membangun turap di sepanjang kali tersebut. Pasalnya, setiap hujan turun kawasan tersebut kerap tergenang dan banjir.

Kami sudah berulangkali mengusulkan kepada unit terkait agar segera diturap, namun sampai saat ini tak kunjung terealisasi

"Harapan warga sepanjang kali ini segera diturap. Soalnya banjir bisa sampai 1 meter. Kalau tidak kunjung diturap, pemukiman akan terus banjir," pinta Indra Kurniawan (55), warga RW 04, Pekayon, Kecamatan Rebo, Jumat (9/5).

Dikatakan Indra, lokasi tempat tinggal warga saat ini berada sejajar dengan kali. Jika hujan turun maka air akan terus masuk ke rumah-rumah warga. "Kemarin banjirnya mencapai 70 sentimeter," ucapnya.

Jadi Kurir Narkoba, Sipir Lapas Cipinang Ditangkap Polisi

Menanggapi hal tersebut, Camat Pasar Rebo, Wahyu mengatakan, wilayah Kelurahan Pekayon RW 04 dan RW 07 letaknya lebih rendah dari aliran air. Sehingga saat hujan maka akan langsung terkena banjir.

“Sebaiknya penurapan menggunakan paku bumi sehingga kekuatan turap lebih maksimal. Mengingat debit air cukup tinggi saat melewati daerah tersebut,” ujarnya

Pihaknya, kata Wahyu, sudah mengusulkan kepada dinas terkait untuk segera memasang turap, namun belum ada tanggapan. "Kami sudah berulangkali mengusulkan kepada unit terkait agar segera diturap, namun sampai saat ini tak kunjung terealisasi," katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Supriyatno, berharap warga segera membuat permohonan agar segera dicarikan langkah penanganan.

Menurutnya untuk Kali Cipinang itu adalah kewenangan Kementerian. Namun jika warga mengajukan permohonan maka dapat dilakukan menggunakan APBD melalui anggaran tidak terprediksi. Namun, pihaknya mengakui pengerjaanya harus dilakukan secara bertahap.

“Kalau warga bersurat mau tak mau kita akan melakukan tindakan, itupun setelah berkoordinasi dengan dinas, kalau dinas meminta maka akan langsung dikerjakan,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1230 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito