You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Keluhkan Lamanya Birokrasi PT KAI
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Basuki Keluhkan Lamanya Birokrasi PT KAI

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku belum melihat laporan mengenai kecelakaan antar Bus Transjakarta dengan Kereta Rel Listrik (KRL) di Kedoya, Jakarta Barat. Diakui Basuki pihaknya mengalami kesulitan dalam birokrasi untuk urusan lintasan sebidang dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). 

Kami enggak berani kerja kan, karena enggak tahu kapan dia (kereta) lewat, atau enggak lewat

"Di kereta api itu cek sana sini lama birokrasinya. Padahal kami bisa kerja cepat, ini birokrasinya lama banget," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (28/11).

Menurut Basuki, banyak sekali lintasan sebidang yang harus dikerjasamakan dengan PT KAI. Namun birokrasinya terlalu rumit, sehingga menghambat pekerjaan yang diprogramkan. 

DKI Bangun Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur

"Jalan yang sebidang itu banyak sekali kami harus kerja sama dengan banyak pihak. Sama seperti kasus di Permata Hijau minta izin ke Bandung setengah mati," ujar Basuki. 

Basuki menyebutkan, pihaknya tidak berani untuk mengerjakan jika belum mendapat izin. Karena semua pekerjaan harus dilakukan sesuai dengan jadwal kereta yang melintas. 

"Kami enggak berani kerja kan, karena enggak tahu kapan dia (kereta) lewat, atau enggak lewat," ujar Basuki. 

Basuki mengungkapkan, dirinya juga terus mendapat keluhan dari Kepala Dinas Bina Marga, Yusmada Faisal terkait dengan sulitnya birokrasi tersebut. Padahal Dinas Bina Marga memiliki alat speed create yang bisa memperbaiki jalan hanya dengan waktu tujuh jam saja. 

"Banyak juga lintasan jalan yang hancur di bantalan kereta. Kami ada speed create tujuh jam jadi. Tapi masalahnya saya harus minta izin anda (PT KAI), kalau belum tujuh jam Anda lintasin bagaimana. Kalau bukan tanah Kereta Api saya timpa langsung enggak pakai izin," ucap Basuki.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1465 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1287 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Halte Simpang Pramuka dan Rawamangun Ditutup, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan

    access_time18-12-2024 remove_red_eye1071 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kadishub Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Layanan Transjakarta Setelah MRT Fase 2A Selesai

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1012 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Semarak Christmas Carol di Jakarta Sambut Natal

    access_time18-12-2024 remove_red_eye984 personDessy Suciati