You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pompa Underpass Cawang Sering Padam
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Pompa Underpass Cawang Sering Padam

Listrik yang mengalir ke Rumah Pompa Underpass Cawang, Jakarta Timur dari gardu Kramat Jati rawan pencurian. Akibatnya, listrik di rumah pompa tersebut kerap padam.

Yang sering dimalingin itu aliran Kramat Jati. Makanya, listrik sering padam

"Di dalam ruang panel rumah pompa ini ada dua panel khusus PLN, satu aliran dari gardu area Jatinegara dan satu lagi dari gardu area Kramat Jati. Yang sering dimalingin itu aliran Kramat Jati. Makanya, listrik sering padam," ujar Andrio Indra, Operator Pompa Underpass Cawang, Selasa (29/2).

Posisi gardu tersebut berada persis di persimpangan, arah Universitas Kristen Indonesia (UKI) Cawang menuju gedung Badan Narkotika Nasional (BNN).

Robot Saringan dan Pompa Hidrolik di Kebon Nanas Rusak

Dikatakan Andrio, jumlah pompa di underpass Cawang ada empat unit, dua di sisi selatan dan dua lagi di sisi utara. Panel listrik Kramat Jati terkoneksi dengan panel pompa sisi selatan.

Namun, lantaran arus listrik sering dicuri, mengakibatkan kelebihan beban atau overload yang menyebabkan panel pompa sisi selatan padam total. Bahkan belum lama ini gardu khusus itu sempat meledak. Dua pompa di sisi selatan underpass Cawang pun tidak beroperasi selama seminggu.

"Di sisi selatan ada dua pompa, kalau mati total otomatis pompa itu tidak bisa beroperasi, begitu juga dengan penerangan lampu halaman. Terakhir itu mati total hampir seminggu, dari tanggal 7 sampai 12 Desember, pas lagi sering hujan," kata Andrio.

Beruntung, kolam kolakan sisi selatan dan utara saling terhubung, sehingga masih dapat mengandalkan dua unit pompa sisi utara.

Lebih lanjut Andrio mengatakan, pencurian aliran listrik dia ketahui dari keterangan petugas PLN yang kebetulan sedang memperbaiki gardu khusus area Kramat Jati tersebut, setelah sebelumnya dia mengadu kepada pihak PLN.

"Petugas PLN bilang segel gardu area Kramat Jati sudah dalam keadaan lepas dan terbongkar. Diduga ada oknum pedagang yang berjualan di sekitar gardu Kramat Jati," tuturnya.

Meski sudah diatasi oleh petugas PLN, Andrio dan operator lainnya masih khawatir kejadian serupa terulang kembali.

"Sudah ditangani dan sudah disegel lagi. Mudah-mudahan nggak terjadi lagi deh, apalagi mau musim hujan, khawatir underpass Cawang ada genangan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye814 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati