You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 UPK Badan Air Siagakan Dua Alat Berat Atasi Sampah Kali Sunter
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Dua Alat Berat Dikerahkan Angkut Sampah di Kali Sunter

Untuk mengatasi penumpukan sampah di Kali Sunter di sisi selatan pintu air di Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan petugas pekerja harian lepas dan dua unit ekskavator jenis amfibi mini.

Ultratrex sudah di situ. Kita upayakan nanti malam kita tambah long arm excavator

Kepala UPK Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Junjungan Sihombing mengatakan, melihat kondisi sampah yang sudah menyatu dengan endapan lumpur, dinilai perlu penambahan alat berat ekskavator long arm yang nantinya ditempatkan di jalan inspeksi Kali Sunter.

"Ultratrex sudah di situ. Kita upayakan nanti malam kita tambah long arm excavator, jadi sampah dan lumpur ke pinggirin, yang sudah dipinggirin kita angkut pakai long arm excavator," kata Junjungan, Kamis (7/1).

Sampah Menumpuk di Kali Sunter

Dikatakan Junjungan, dari lebar kali yang semula 30 meter, hanya tersisa sekitar empat meter di bagian tengah kali yang bisa dilintasi air. Kondisi itu disebabkan sisi kiri dan kanan badan kali sudah berupa daratan sedimen.

Saat ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pengurus RT/RW untuk penempatan ekskavator long arm di jalan inspeksi. Rencananya, penempatan ekskavator long arm akan dilakukan malam hari menghindari kemacetan di lokasi tersebut.

"Rencananya harus pas penempatannya, dan perlu izin sama RT. Saya lihat kondisi terbaru, saya terus memantau perkembangan. Nanti malam saya kontrol, kemungkinan kita masukin long arm dari Jalan Pemuda. Yang jelas kerjanya malam, kalau siang kotor dan lalu lintas di sekitar padat," tutur Junjungan.

Kendala yang paling krusial, lanjut Junjungan, adalah tempat pembuangan lumpur pasca pengangkutan.

"Yang jadi kendala yaitu buangannya. Kita cari di wilayah Jakarta Timur untuk buangannya. Nanti coba kita koordinasikan dengan PU Tata Air," ucap Junjungan.

Sebelumnya, diketahui sampah bercampur dengan lumpur menumpuk sepanjang 100 meter di Kali Sunter Pulogadung. Sampah yang ada di badan kali sudah mengendap lama sekitar enam bulan. Badan kali bahkan nyaris berubah menjadi daratan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1164 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito