You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Waduk Rawabadung Rampung 100 Persen
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Waduk Rawabadung Rampung 100 Persen

Pembangunan Waduk Rawabadung, di Jl KRT Radjiman, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur telah memasuki tahap finishing. Secara pengerjaan pengerukan areal waduk sudah rampung 100 persen. Waduk Rawabadung merupakan satu-satunya waduk yang dibangun oleh Sudin Tata Air Jakarta Timur sejak tahun anggaran 2014 lalu.



Pengerukan sudah rampung 100 persen. Saat ini kami sedang memasang turap di sekeliling waduk

Pantauan Beritajakarta.com, waduk seluas sekitar 2.000 meter persegi tersebut sudah dipenuhi air. Dulunya lahan tersebut dipenuhi bangunan liar. Namun air di waduk kotor lantaran banyak sampah yang jatuh dari tempat pembuangan sampah (TPS) yang terletak persis di sisi barat waduk.



Sekitar 10 pekerja bangunan, terlihat tengah sibuk melakukan finishing pemasangan turap. Satu unit alat berat juga terlihat masih teronggok di sisi utara waduk. Alat berat jenis becho ini terlihat tidak dioperasikan. 



DKI Bebaskan Lahan 1,2 Hektare untuk Waduk Giri Kencana

Kasudin Tata Air Jakarta Timur, Ahmad Yazied Bustomi mengatakan, kedalaman waduk mencapai 2,5 meter. Tidak ada kendala dalam pengerukan waduk tersebut.

“Pengerukan sudah rampung 100 persen. Saat ini kami sedang memasang turap di sekeliling waduk. Pemasangan turap sudah mencapai 75 persen. Kita targetkan bulan ini rampung,” ujar Yazied Bustomi, Selasa (12/1).

Rencananya, akhir pekan mendatang bantaran waduk akan ditanami puluhan pohon pelindung dan pohon produktif oleh Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana.



Dikatakan Yazied, di sekeliling waduk akan dibangun turap setinggi 2 meter. Sebab, di bagian bawah waduk dibuat pondasi setinggi sekitar 80 sentimeter. Diperkirakan, Waduk Rawabadung dapat menampung air sebanyak sekitar 4.000 meter kubik.

Wanda (37), warga sekitar berharap waduk dapat bermanfaat untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di wilayahnya. Selama ini, terutama saat waduk belum ada, kawasan di Jl KRT Radjiman dan pemukiman warga kerap tergenang. 



“Warga sangat senang adanya Waduk Rawabadung ini. Tentunya diharapkan tidak ada genangan lagi saat musim hujan ini. Namun kita juga berharap agar pembuatan turap diselesaikan 100 persen,” ujar Wanda.


Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1151 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1040 personAldi Geri Lumban Tobing