You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinsos Pulangkan 128 Warga Binaan Sosial
Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan sebanyak 128 warga binaan sosial (WBS), Jumat (23/5). Sebanyak 55 orang dipulangkan ke daerah asalnya di Jawa Tengah dan 73 orang ke sejumlah daerah di Jawa Barat. .
photo Nurito - Beritajakarta.id

Dinsos DKI Pulangkan 128 PMKS

Dinas Sosial DKI Jakarta memulangkan sebanyak 128 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), Jumat (23/5). Sebanyak 55 orang dipulangkan ke Jawa Tengah dan 73 orang ke sejumlah daerah di Jawa Barat.

Mereka menandatangani perjanjian tidak akan mengulangi perbuatanya lagi, baik mengemis, menggelandang, mengamen di jalanan, dan sejenisnya

Ke-128 warga binaan sosial (WBS) yang dipulangkan ini berasal dari tiga panti, yakni Panti Sosial Bina Insani I di Kedoya, Jakarta Barat, PSBI II di Ceger, Jakarta Timur, dan PSBI III di Cengkareng, Jakarta Barat. Mayoritas dari mereka adalah pengemis, gelandangan, dan psikotik yang terjaring oleh petugas di lima wilayah Ibu Kota.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Prayitno, mengatakan, seluruh warga binaan sosial yang dipulangkan ke daerah asalnya wajib membuat surat pernyataan jika akan kembali lagi ke Jakarta.

DKI Kirim 30 PMKS ke Perkebunan Sawit

"Mereka menandatangani perjanjian tidak akan mengulangi perbuatanya lagi, baik mengemis, menggelandang, mengamen di jalanan, dan sejenisnya," ujar Prayitno.

Menurutnya, jika mereka datang ke Jakarta dan tertangkap lagi, akan dilaporkan kepada pihak kepolisian agar diproses lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sukarjo (50), salah seorang WBS, mengaku jera dan berjanji tak akan menggelandang lagi di Jakarta. Warga asal Kendal, Jawa Tengah ini tertangkap petugas Satpol PP dan Sudin Sosial Jakarta Barat beberapa waktu lalu di kawasan Cengkareng. Lelaki paruh baya ini setiap harinya mengemis di perempatan Cengkareng.

"Saya kapok mengemis di Jakarta, karena ternyata tidak seindah yang dibayangkan. Mending di kampung menjadi buruh, tapi nyaman," ujar Sukarjo.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2634 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2259 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1861 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1211 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1145 personTiyo Surya Sakti