You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lahan Kosong di Kalibata Pulo Jadi TPS Liar
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Lahan Pinggir Kali Pulo Jadi TPS Liar

Sebuah lahan kosong di bantaran Kali Pulo, Jalan Buncit Raya, RT 10/05 Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan penuh tumpukan sampah. Tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) membuat warga terus membuang sampah ke lokasi tersebut.

Dari tahun 2001. Dulu ini empang, tapi sudah tertutup dan tertimbun sampah. Pihak kelurahan pernah ke sini, tapi cuma mantau aja

Pantauan Beritajakarta.com, sampah yang menumpuk dan berserakan tersebar di beberapa titik dilahan yang memiliki luas sekitar 50 meter persegi tersebut. Bahkan ada sampah yang berada di pinggir, dan berjatuhan ke aliran Kali Pulo.

Ayu (50), salah seorang warga mengatakan, penumpukan sampah sudah terjadi sejak bertahun-tahun. Bahkan, menurut pengakuannya di lahan itu dulunya terdapat sebuah empang.

Lahan Kosong di Kelurahan Dukuh Jadi TPS Liar

"Dari tahun 2001. Dulu ini empang, tapi sudah tertutup dan tertimbun sampah. Pihak kelurahan pernah ke sini, tapi cuma mantau aja," ujar Ayu, Senin (1/2).

Menurut Ayu, agar tumpukan sampah tidak meninggi, warga terpaksa membakarnya. Kepulan asap tebal yang dihasilkan tak ayal menyelimuti lingkungan di sekitarnya hingga ke permukiman warga.

"Ya dibakar, kalau nggak dibakar numpuk. Paling kalau lagi hujan deras, Kali Pulo meluap, sampah yang numpuk itu kebawa arus kali," ucap Ayu.

Salah seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang enggan disebutkan namanya mengatakan, petugas kesulitan mengatasi penumpukan sampah di lokasi itu. Menurutnya, pihak kelurahan sudah meninjau lokasi dan mengusulkan kepada unit terkait untuk dilakukan pengangkutan sampah, namun belum ditindaklanjuti.

"Sudah berkali-kali kita bersihkan, tapi warga buangnya ke sini juga. Kalau kita angkutin pakai karung nggak bakal cukup," tandas petugas yang mengaku bertempat tinggal dekat lokasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1112 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito