You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Terkena Tol Becakayu, 97 Bangunan Liar Dibuldozer
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

97 Bangunan di Kalimalang Dibongkar

Sebanyak 97 bangunan liar di Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur dibongkar petugas gabungan, Selasa (23/2). Lahan yang didirikan bangunan tersebut akan digunakan untuk pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), serta pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang.

Kami berharap pembangunan proyek Tol Becakayu dan pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang cepat selesai. Sehingga kawasan Kalimalang lalu lintasnya normal kembali

Pantauan Beritajakarta.com, seluruh bangunan liar ini diratakan dengan tanah menggunakan dua eskavator. Bangunan-bangunan digunakan untuk tempat usaha dan tempat tinggal. Beberapa warga belum mengeluarkan barang-barangnya saat alat berat mau membongkar. Sehingga petugas Satpol PP langsung membantu mengeluarkan, dan mengevakuasi penghuni.

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, sebelum dibongkar, para pemilik bangunan sudah diberikan surat peringatan pertama (SP1) hingga SP3 dan SPB. Mereka juga tidak akan mendapatkan ganti rugi maupun relokasi ke tempat lain. Sebab lahan yang digunakan lebih dari 30 tahun ini adalah milik Perum Jasa Tirta.

270 Personel Dikerahkan untuk Bongkar Bangunan

"Kami berharap pembangunan proyek Tol Becakayu dan pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang cepat selesai. Sehingga kawasan Kalimalang lalu lintasnya normal kembali," ujar Bambang.

Bangunan liar yang dibongkar ini berdiri di atas lahan dengan panjang sekitar dua kilometer. Mulai dari jembatan Kali Cipinang di kawasan Penas hingga samping Masjid Jamiah Syakirin.

Herman (50), salah seorang warga mengaku sudah 15 tahun tinggal di RT 01/13 Cipinang Muara. Ia mengaku tidak tahu mau tinggal dimana. Selama ini ia membuka usaha meubel di lahan yang dikontrak sebesar Rp 7 juta per tahun.

"Belum tahu mau pindah kemana, sekarang semua kontrakan mahal. Apalagi usaha saya kan meubel, pasti diluaran harga kontraknya sangat mahal," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye886 personAldi Geri Lumban Tobing