You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ahok_ulpd_6.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Basuki Disarankan Ganti Monorel dengan LRT

Proyek monorel di ibu kota yang hingga kini belum dimulai pembangunannya sepertinya akan mendapatkan saingan baru bernama Light Rapid Transit (LRT). Bahkan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah mendapatkan saran untuk segera mengganti proyek tersebut dengan LRT saat ia melakukan pertemuan dengan pihak PT MRT (Mass Rapid Transit) dan PT Pembangunan Jaya.

Pertemuan tersebut ditujukan untuk membahas wacana pembangunan jalur monorel di seluruh  Jakarta. Tapi pihak pengelola gedung malah mengusulkan untuk mengganti monorel dengan LRT yang saat ini digunakan Kuala Lumpur

Basuki mengatakan, pada awalnya pertemuan tersebut ingin membahas dan mengkaji rencana pembangunan proyek monorel di DKI Jakarta bersama PT MRT dan PT pembangunan Jaya. Namun, dalam pertemuan yang juga dihadiri pihak pengelola gedung tersebut, justru menyarankan agar Basuki mengganti wacana pembangunan monorel dengan sistem moda transportasi LRT.

Basuki Sesalkan Iklan PT JM

"Pertemuan tersebut ditujukan untuk membahas wacana pembangunan jalur monorel di seluruh  Jakarta. Tapi pihak pengelola gedung malah mengusulkan untuk mengganti monorel dengan LRT yang saat ini digunakan Kuala Lumpur," ucap Basuki di Balaikota, Kamis (6/6).

Usulan pengelola tersebut pun langsung ditanggapi olehnya. Ia juga meminta langsung kepada pengelola terkait untuk mengkalkulasikan dana pembangunannya. Ahok, sapaan akrab Basuki, mempunyai ketertarikan untuk menindaklanjuti wacana pembangunan moda transportasi LRT tersebut dengan syarat diberikan hak atas udara untuk pembangunan properti di ruang publik.

Rencana pembangunan moda transportasi kereta dengan daya angkut lebih kecil dari kereta pada umumnya itu pun akan dilakukan dengan menggunakan dana yang berasal dari pihak swasta.

"Saya minta PT MRT dan Pembangunan Jaya mulai hitung. Kita sudah ketemu pihak swasta. Jadi kita kasih mereka hak udara, nanti mereka kasih uang buat pembangunannya," ungkap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Instruksi untuk segera mengkalkulasi rincian dana pembangunan dalam bussiness plan-nya lantaran Ahok menilai jenis moda transportasi itu lebih ekonomis dan fleksibel. Sebab, menurutnya, moda transportasi ini mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dipunyai monorel seperti daya fleksibilitas saat bermanuver dan dapat berhenti pada rute-rute pendek.

Ahok berharap, jika nanti rencana pembangunan LRT ini bisa dilaksanakan, ia berencana akan menghubungkannya dengan sektor perumahan, pusat perkantoran, perbelanjaan dan bandara.

Sementara untuk tarif angkutan itu sendiri, ia mengatakan setiap penumpang nantinya akan dikenakan biaya perjalanan sebesar Rp 20 ribu per hari. Sedangkan untuk berlangganan penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp 500 ribu per bulan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati