You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
RTH di Cibubur Jadi TPS Liar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

RTH di Cibubur Jadi TPS Liar

Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Makam Barat RT 07/14 Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Ironisnya, sampah yang dibuang warga ke dalam areal RTH tersebut sudah menggunung dan lebih dari satu tahun belum diangkut instansi terkait.

Kalau pagi hari, banyak sampah di kantong plastik bergelantungan di atas pagar

Lukman (47), warga sekitar menuturkan, sampah yang terdapat di RTH seluas sekitar 5.000 meter persegi ini belum pernah diangkut. Tumpukan sampah di lokasi mencapai dua meter dan terhampar selebar 50 meter persegi. Bahkan tak sedikit dari sampah yang dikemas dalam kantong plastik tersebut tersangkut di pagar RTH.

"Kalau pagi hari, banyak sampah di kantong plastik bergelantungan di atas pagar. Sepertinya sampah ini dibuang dengan cara dilempar," katanya, Senin (7/3).

Tumpukan Sampah di Jembatan Kalibata Capai 200 Ton

Saat dikonfirmasi hal ini, Lurah Cibubur, Sapto Tjahjadi mengaku sudah melaporkan keberadaan sampah yang menumpuk di areal RTH kepada Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur maupun Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Namun laporannya itu sampai kini belum hingga kini belum juga mendapatkan respon. Pihaknya sendiri tidak dapat mengangkut sampah tersebut karena tidak memiliki alat berat.

"Saya sudah lapor ke Sudin Kebersihan maupun Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI langsung, agar lahan miliknya tolong dijaga. Sehingga tidak dimanfaatkan warga untuk TPS liar begini. Tapi ya belum ada respon," ujarnya.

Sementara itu, Kasudin Kebersihan Jakarta Timur, Budi Mulyanto mengatakan, akan segera mengangkut sampah di areal RTH yang dijadikan TPS liar tersebut secara bertahap. Pihaknya pun meminta Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta merawat dan menjaga RTH agar tidak dimanfaatkan warga sebagai tempat pembuangan sampah.

"Itu TPS liar, bukan tidak diangkut. Tapi akan kita angkut secepatnya dengan cara dicicil karena volumenya sangat banyak. Kita targetkan dalam seminggu ini bisa kelar," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1013 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye948 personAldi Geri Lumban Tobing