You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, meminta instansi terkait segera mengeruk Wad
Agar tidak rutin menjadi daerah langganan banjir, warga Perumahan Karyawan Film dan Televisi (KFT) di RW 11, Kelurahan Cengkaren.
photo doc - Beritajakarta.id

Antisipasi Banjir, Warga Minta Waduk KFT Dikeruk

Agar tidak rutin menjadi daerah langganan banjir, warga Perumahan Karyawan Film dan Televisi (KFT) di RW 11, Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, meminta instansi terkait segera mengeruk Waduk KFT yang berlokasi tidak jauh dari pemukiman mereka.

Saat ini waduk sudah dangkal oleh lumpur. Keberadaan waduk tersebut tidak ada gunanya, karena saat musim hujan hanya sedikit air yang dapat ditampung

Sebab jika hujan agak lama mengguyur, tempat tinggal warga selalu tergenang, karena waduk tidak mampu menampung debit air. Pasalnya, waduk yang dibangun sejak tahun 1982 tersebut, sudah puluhan tidak dikeruk yang menyebabkan kedalamannya sudah dangkal akibat endapan lumpur. Belum lagi waduk juga dipenuhi sampah dan tanaman liar, seperti eceng gondok serta rumput liar.

Hendrawan (55), warga Perumahan KFT menuturkan, saat musim hujan, selain perumahannya yang tergenang banjir, luapan air waduk juga menggenangi Jl Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng. Tidak jarang ketinggian air mencapai satu meter.

Pemkot Jakut Akan Sewa Alat Pembersih Eceng Gondok

“Saat ini waduk sudah dangkal oleh lumpur. Keberadaan waduk tersebut tidak ada gunanya, karena saat musim hujan hanya sedikit air yang dapat ditampung. Kami berharap unit terkait segera melakukan pengerukan,” kata Hendrawan, Sabtu (14/6).

Kepala Seksi Perencanaan Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, Santo mengatakan, pihaknya memang sudah merencanakan untuk melakukan pengerukan Waduk KFT tahun ini. Anggaran yang diusulkan untuk pengerukan waduk sedalam enam meter mencapai di atas 500 juta.

“Sesuai kewenangan, kami hanya melakukan perawatan dan pekerjaan untuk waduk di bawah 5.000 meter persegi. Dan salah satunya Waduk KFT tahun ini akan kami keruk,” ujar Santo.

Di Jakarta Barat sendiri ada sejumlah waduk, antara lain Waduk Wijaya Kusuma, Grogol, Rawa Kepa, Pondok Bandung, Hankam 1 dan 2, Hutan Kota Srenseng (HKS), Bojong, KFT, Peternakan, Perikanan, Flyover Tomang. Dan keseluruhan waduk tersebut di bawah 5.000 meter persegi. Sementara waduk yang sudah dinormalisasi adalah, Waduk Peternakan, Kapuk dan Wijayakusuma.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1124 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1107 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye996 personAldi Geri Lumban Tobing