You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Manusia Perahu Bukan Warga DKI Jakarta
.
photo Suparni - Beritajakarta.id

Manusia Perahu akan Dicarikan Rusun

Pasca penertiban kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) masih bertahan di atas perahu di perairan dekat lokasi.

Kita upayakan orangnya masuk dahulu, perahu bisa ditambatkan yang terdekat dengan rusun

Sebagian dari mereka bersikeras tidak mau pindah karena menolak direlokasi ke rumah susun (rusun) Marunda atau Rawa Bebek. Sebagai solusi, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, tengah mengupayakan rusun yang dekat laut.

250 Personel Gabungan Siaga di Pasar Ikan

Pantauan Beritajakarta.com, hingga saat ini masih ada sekitar 20 kapal yang dijadikan tempat tinggal oleh warga yang tidak mau pindah dari Pasar Ikan. Tiap kapal tersebut diisi oleh sekitar 2-3 Kepala Keluarga (KK).

Kartini (40), Warga Pasar Ikan, Penjaringan Jakarta Utara, yang masih bertahan di perahu, mengatakan, dirinya enggan pindah karena anak-anaknya akan mengikuti ujian kenaikan sekolah. Dirinya khawatir kalau direlokasi ke Rusun Marunda atau Rawa Bebek, sekolah anaknya akan kesulitan.

"Anak kami sedang ujian naik-naikan kelas, kalau kami pindah sekolahnya bisa terlantar. Dan kalau kami pindah ke rusun Marunda sangat jauh dari sini. Kalau ada sih di Muara Angke, tidak jauh dari laut," ujarnya, Rabu (13/4).

Sekretaris Camat Penjaringan, Muhammad Andri mengatakan, sebagian besar dari yang bertahan dalam perahu adalah warga pendatang yang mengontrak. Kebanyakan dari mereka memang berprofesi sebagai nelayan.

"Hari ini saya sudah coba ajak mereka untuk pindah. Sebanyak 10 KK sudah bersedia direlokasi," katanya.

Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi menambahkan, pihaknya tengah mengupayakan agar warga bisa dipindah ke Rusun Muara Baru atau Kapuk Muara. Ia memaklumi bahwa sebagai nelayan, penghasilan mereka dari melaut, sehingga harus direlokasi ke dua rusun tersebut.

"Saya sedang cari unit rusun yang kosong di Muara Baru atau Kapuk Muara. Kita upayakan orangnya masuk dahulu, perahu bisa ditambatkan yang terdekat dengan rusun," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati