You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tabrakan Beruntun, Polisi : Pengemudi Transjakarta Kurang Waspada
Penyebab tabrakan beruntun yang melibatkan dua bus transjakarta dan dua bus kopaja AC di jalur transjakarta koridor 1 Blok M - Kota di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Senin (16/6) pagi, dan mengakibatkan delapan orang luka-luka, diduga kare.
photo Wahyu Ginanjar Ramadhan - Beritajakarta.id

Sopir Transjakarta Jadi Tersangka dan Ditahan

Penyidik Laka lantas Polda Metro Jaya menetapkan Yadi (51), sopir bus Transjakarta menjadi tersangka penyebab kecelakaan beruntun pada Senin (16/6) di halte Museum Nasional. Ia dinilai lalai dalam mengemudikan kendaraan yang dibawanya sehingga membuat orang lain celaka.

Ditemukan kelalaian dari sopir bus yang paling belakang (Transjakarta-red), karena tidak bisa mengendalikan kendaraannya dengan baik. Sudah ditetapkan jadi tersangka

"Ditemukan kelalaian dari sopir bus yang paling belakang (Transjakarta-red), karena tidak bisa mengendalikan kendaraannya dengan baik. Sudah ditetapkan jadi tersangka," ujar Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Selasa (17/6).

Saat ini, kata Rikwanto, sopir tersebut ditahan di Subdit Penegakkan Hukum Polda Metro Jaya. Namun begitu, penyidik masih menyelidiki secara pasti penyebab kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta dengan 2 bus kopaja AC tersebut. "Masih kita selidiki, apakah si pengemudi mengantuk atau ada hal lain. Pemeriksaan sementara memang mengantuk gara-gara usai menonton pertandingan sepak bola Piala Dunia," katanya.

Kecelakaan, Sopir Bus Transjakarta Terancam Dipecat

Rikwanto sangat menyayangkan kejadian tersebut. Kalau kondisinya kurang fit, seharusnya sopir memberitahu ke perusahaan dan jangan masuk kerja. "Karena ini menyangkut keselamatan, sehingga hal seperti ini tidak bisa ditoleransi," ungkapnya.

Sebelumnya, Kasubdit Kasubdit BinGakum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono mengatakan, ada 6 orang penumpang bus kopaja B 7611 TGA yang mengalami luka ringan dan dibawa ke RS Tarakan. Sedangkan penumpang kopaja B 7700 VR yang terluka dirawat di RS Husada.

Kronologis kecelakaan bermula ketika bus gandeng Transjakarta bernomor B 7562 TGA yang dikemudikan Yadi (51) berjalan di jalur bus Transjakarta di Jl Medan Merdeka Barat dari arah selatan ke utara.

Namun setibanya di depan Museum Nasional terjadi tabrakan beruntun yang diduga karena sopir bus kurang menjaga jarak dengan kopaja yang ada di depan. "Pengemudi diduga kurang menjaga jarak aman pengereman sehingga menabrak minibus kopaja yang ada di depannya yang sedang berhenti menurunkan penumpang. Bus kopaja tersebut terdorong dan menabrak kopaja lainnya yang juga tengah berhenti," jelasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye957 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye926 personAldi Geri Lumban Tobing