You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tanggul Aspal Cegah Genangan Masuk SMAN 8
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Tanggul Aspal Cegah Genangan Masuk SMAN 8

Tanggul aspal setinggi 40 sentimeter yang juga berfungsi sebagai akses keluar masuk SMAN 8, Kelurahan Bukit Duri, Tebet, dinilai mampu membendung masuknya air luapan Kali Ciliwung yang selama ini kerap menggenangi sekolah.

Kemarin waktu banjir setinggi 40 sentimeter, KBM berjalan seperti biasa. Murid-murid juga ada yang berolahraga di lapangan. Kalau dulu 40 sentimeter air sudah ngegenang nih

Keberadaan kolam olakan dilengkapi pompa mobile juga membantu penanganan genangan di area sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 8, Agusman Anwar mengatakan, kondisi saat ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya apabila banjir melanda Bukit Duri.

Saluran PHB Bukit Duri Utara Dinormalisasi

"Kemarin waktu banjir setinggi 40 sentimeter, KBM berjalan seperti biasa. Murid-murid juga ada yang berolahraga di lapangan. Kalau dulu 40 sentimeter air sudah menggenang nih. Perbandingannya 80 persen dibanding sebelumnya, selama ketinggian di sekitar sekolah masih 40 sentimeter ke bawah," ungkap Agusman.

Agusman menambahkan, Kamis (21/4) genangan hanya berada di area parkir di bagian belakang sekolah. Pasalnya, empat titik lubang saluran pembuangan ditutup agar genangan air di luar sekolah tidak masuk. Meski demikian, sambungnya, genangan merembes ke tanah dan air keluar di kolam olakan.

"Empat titik lubang saluran pembuangan ditutup menggunakan karung pasir. Di area belakang memang posisinya agak rendah. Air nyerap ke conblock, air rembesan keluar ke kolam olakan, tapi langsung disedot pakai pompa buang ke saluran di depan sekolah," tandasnya.

Mengantisipasi genangan di dalam sekolah, pihaknya juga membuat bak kontrol di area kantin untuk memudahkan pembuangan air. Apabila sekolah dikepung genangan atau banjir, rencananya pihak SMAN 8 akan membangun satu pintu alternatif akses keluar masuk bagi penghuni sekolah yang lokasinya berada di jalan masuk RW 012.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer