You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penyaluran Kredit Usaha Harus Menjangkau Rusun
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Penyaluran Kredit Usaha Harus Menjangkau Rusun

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta agar penyaluran kredit juga menjangkau warga di rumah susun (rusun). Sehingga warga memiliki modal untuk memulai usaha atau berdagang.

Ini terukur, yang tinggal di rusun bisa usaha. Rusun bukan hanya kasih orang tinggal. Cek siapa yang bisa diperbesarkan, bantu pemasaran juga agar berkembang

"Penyaluran kredit kami masih payah. Sementara yang tinggal di rusun banyak yang ingin berdagang tapi nggak punya modal," ujar Basuki, saat rapat pimpinan (rapim), di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/4).

Menurut Basuki, selama ini penyaluran kredit kurang maksimal lantaran tidak adanya data pasti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sementara warga yang tinggal di rusun sudah didata oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda saat menempatinya.

Penghuni Rusun Bisa Dapat Pinjaman Modal Usaha

"Selama ini kami bingung mau kasih ke siapa, karena kami nggak punya data. Nah ini data yang ada harus dimanfaatkan," tuturnya.

Bank DKI memiliki anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk kredit. Namun yang bisa tersalurkan hanya sebesar Rp 300 miliar saja. "Kredit di Bank DKI juga agak tersendat. Saya suruh salurkan Rp 1 triliun, hanya Rp 300 miliar yang bisa diberikan," ucapnya.

Basuki menambahkan, rusun yang ada saat ini tidak hanya digunakan untuk tempat tinggal. Tetapi juga bisa untuk tempat usaha. Dengan dukungan dari pemerintah diharapkan bisa mengembangkan usahanya.

"Harus ada uang keluar untuk kerja. Ini terukur, yang tinggal di rusun bisa usaha. Rusun bukan hanya kasih orang tinggal. Cek siapa yang bisa diperbesarkan, bantu pemasaran juga agar berkembang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1298 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1258 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1209 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1093 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye832 personFolmer