You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Plaza di Masjid Luar Batang Seperti Alun-alun
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Plaza di Masjid Luar Batang Seperti Alun-alun

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan plaza yang akan dibangun di Masjid Luar Batang seperti alun-alun, bukan dalam bentuk mal. Karena sebelumnya kawasan tersebut juga belum ada rumah penduduk.

Plaza itu cuma istilah. Bahasa kita itu mungkin alun-alun ya, lapangan terbuka, selasar gitu tapi tanpa bangunan

"Plaza itu cuma istilah. Bahasa kita itu mungkin alun-alun ya, lapangan terbuka, selasar gitu tapi tanpa bangunan," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/5).

Basuki mencontohkan alun-alun yang dibangun seperti di Museum Fatahillah. Sehingga warga bisa lebih leluasa saat berkunjung ke Masjid Luar Batang. Mengingat kawasan tersebut akan dijadikan wisata religi.

Sosialisasi Penataan Pasar Ikan Terus Dilakukan

"Kayak lapangan di Fatahillah. Depannya kan lapangan terbuka tuh. Kasih batu-batu alam. Jadi alun-alun yang besar," ujarnya.

Konsep yang digunakan untuk kawasan tersebut yakni Heksagonal Pasar. Nantinya beberapa kawasan akan saling terhubung, mulai dari pasar, Pelabuhan Sunda Kelapa, serta Masjid Luar Batang.

"Waktu dulu sejarahnya, saat mendarat kan membangun Masjid Luar batang, waktu itu belum ada tempat tinggal, itu kan memang gudangnya VOC. Jadi kamu bisa bayangin ada masjid begitu besar, ada alun-alun yang begitu lebar terus ada pasar heksagonal," tuturnya.

Nantinya pedagang kaki lima (PKL) juga akan diberikan tempat untuk berjualan. Mereka akan diperiksa oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga makanan yang dijual tidak berbahaya.

Sebagai penunjang kolong tol di sekitar kawasan tersebut juga akan ditertibkan. Lahan yang ada akan digunakan untuk lahan parkir pengunjung.

"Terus kami juga mau kerjasama dengan Kodam, bereskan parkir kolong Tol Tongkol itu ada satu bangunan tua juga. Trotoarnya dilebarkan jadi dari Luar Batang jalan kaki ke Kota Tua itu nggak berasa capek," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personAldi Geri Lumban Tobing