You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Komputer UNBK SMP dan SMA Bisa Digabung
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

UNBK SMP dan SMA Bisa Saling Pinjam Komputer

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, komputer untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bisa digabung antara tingkat SMP dan SMA. Sehingga tidak perlu semua sekolah melakukan pengadaan anggaran untuk pembelian komputer. 

Nah itu tahun depan kami pikirkan, bukan semua harus dibeli. SMA dan SMP digabung saja. Saling pindah numpang saja gitu

Dengan cara penggabungan ini, Basuki menilai akan lebih menghemat anggaran. Selain itu, biaya perawatan juga bisa ditekan. 

"Nah itu tahun depan kami pikirkan, bukan semua harus dibeli. SMA dan SMP digabung saja. Saling pindah numpang saja gitu," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (10/5). 

Antisipasi Listrik Padam, UNBK SMPN 49 Gunakan Laptop

Teknis pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Pihak sekolah akan meminjam komputer pada sekolah terdekat. Selain itu pelaksanaan UNBK masing-masing jenjang pendidikan berbeda-beda. 

"Yang SMA saya kira bagus, secara SMA relatif tidak masalah. Saya kira sistemnya infrastruktur semua tidak masalah," ujarnya. 

Namun bagi siswa yang membawa komputer jinjing sendiri juga tidak akan dilarang. Nantinya komputer jinjing milik siswa akan dipasangi atau diinstal sistem serupa sehingga bisa lebih mempermudah. 

"Ya boleh saja pakai laptop sendiri kalau mereka mau. Itu kan ada password-nya. Sistemnya nggak masalah, tinggal colok," katanya. 

Tahun ini masih ada beberapa sekolah yang menggunakan sistem UNBK. Ujian akhir siswa sebagian masih ada yang menggunakan manual. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan fasilitas yang ada disetiap sekolah. 

Basuki berharap, tahun depan semua sekolah, baik SMP maupun SMA sudah menggunakan sistem UNBK. Tahun ini untuk SMA ada 203 sekolah yang menggunakan sistem UNBK. Sementara tingkat SMP mencapai 13 persen dari total 289 sekolah atau 38 SMPN saja.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito