You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Benteng Belanda di Pasar Ikan Telah Ditemukan
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Benteng Belanda di Pasar Ikan Telah Ditemukan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta jasa arkeolog untuk mengembalikan kawasan Pasar Ikan seperti zaman Belanda. Berdasarkan hasil pengamatan sementara, benteng yang ada di Pasar Ikan saat ini tertanam dua meter di bawah laut.

Kami punya fotonya tahun 1800-an. Itu di atas benteng sudah tertanam ke laut, kan sudah turun dua meter lebih, kita mau gali mau balikin

"Makanya saya lagi minta tim arkeolog untuk kerjakan, balikin seperti zaman dulu," kata Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/5).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki foto-foto kawasan Pasar Ikan tahun 1800-an. Foto tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan restorasi kawasan. "Kami punya fotonya tahun 1800-an. Itu di atas benteng sudah tertanam ke laut, kan sudah turun dua meter lebih, kita mau gali mau balikin," ucapnya.

Penataan Pasar Ikan DKI Gandeng Arkeolog

Basuki menilai arkeolog mengerti mengenai sejarah di Pasar Ikan. Pihaknya akan menggali beberapa titik untuk menemukan bangunan yang tertanam.

"Kan waktu gali sudah ketemu nih, ada gerbang pintunya. Kayak lobang tapi sebenarnya itu pintu, itu pintu tinggal satu petak, nah arkeolog ngerti," ujarnya.

Selain benteng, dulu juga terdapat jembatan di kawasan tersebut. Namun keduanya sudah tidak terlihat, dan akan dikembalikan lagi. "Nah terus ada jembatan, kami sudah gali sungai, ketemu fondasi jembatan, nah ini juga mau kami balikin, mau direstorasi," tuturnya.

Kawasan Pasar Ikan dan Aquarium, sebelumnya merupakan gudang milik VOC. Di kawasan tersebut tidak ada permukiman, karena digunakan untuk lalu lintas keluar masuk barang.

"Mungkin enggak Belanda biarkan anda tinggal bangun rumah di atas benteng dia? Tapi kalau anda mengatakan dekat Masjid Luar Batang ada kampung, itu mungkin iya. Makanya saya tawarkan yang di situ, kalau mau jual, kami beli. Tapi bukan yang di Aquarium atau Tembok Benteng VOC," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye846 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati